Dampak Hari ke-3 Fedeer di Palembang Stop Beroperasi, Penumpang : Rugi Kami, La Nunggu Lamo, Ongkos Kami Besak, Kecewa Nian 

Mardiana Warga Sematang Borang dan Rici Warga Sako Baru Palembang saat di wawancarai sedang menunggu angkutan umum Feeder Musi Emas di Stasiun LRT Kawasan Asrama Haji, Rabu 6 Desember 2023, (foto.Yon).

PALEMBANG – Barometer99.com Sejak berhentinya beroperasi Feeder LRT Musi Emas Koridor 1 (Talang Kelapa – Talang Buruk) dan koridor 2 (Asrama Haji – Sematang Borang) Penumpang mengaku sangat kecewa atas pelayanan transportasi publik di kota Palembang. Dihari ke-3 Feeder berhenti beroperasi beberapa penumpang masih saja ada yang menunggu di halte yang biasanya menjadi tempat penumpang menunggu Feeder LRT.

Penumpang Feeder Mardiana warga Sematang Borang mengaku kecewa dan sangat dirugikan dampak tidak beroperasinya Feeder LRT Musi Emas, karena ketika menggunakan angkutan umum biasa perlu biaya yang cukup besar dan perlu menunggu waktu yang cukup lama. Dengan adanya Feeder ongkos yang dikeluarkan lebih sedikit dan tidak perlu menunggu lama.

“Inikan sudah hari ke 3 Feeder mogok jadi kami nih rugi kalau naik angkot umum atau ojek, la nunggu lamo, ongkos kami besak, kecewa nian rasonyo,”kata Mardiana, saat diwawancarai sambil menunggu Feeder, Rabu (06/12/2023).

Baca juga : Belum di Bayar Pemkot Palembang, Hari Ini Angkutan Umum Feeder Koridor 1 dan 2 Stop Beroperasi

Ia mengaku, jika tidak ada Feeder ia perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar dengan kisaran paling sedikit 25 ribu untuk ongkos, ketika menggunakan Feeder hanya mengeluarkan 10 ribu saja untuk membayar ongkos LRT.

“Kalau Feeder ini tidak ada otomatis ongkos besar, dan menggunakan angkutan umum lainnya tidak senyaman Feeder,”ujarnya.

Selain itu, kata Mardiana, ia merasa sangat terbantu dengan adanya Feeder, karena di kecamatan Sematang Borang tidak ada angkutan umum selain Feeder walaupun ada hanya ojek.

Baca juga : Direktur TGM : Belum Ada Kepastian Kontrak Dan Belum Dibayar, Kami Tidak Akan Menjalankan Feeder, Kami Tidak Mau di PHP

“Di kecamatan Sematang Borang tidak ada angkutan umum kecuali Feeder, jadi kami benar-benar terbantu dengan adanya Feeder, kalau stop beroperasi seperti ini ya banyak warga sematang Borang yang pekerjaannya terhambat,”tandasnya.

Sementara Rici (19), warga Sako Baru seorang Mahasiswa di universitas negeri di Palembang yang juga pengguna Feeder mengaku kecewa, karena kata dia, pengguna Feeder kalau bukan orang tua, ya Mahasiswa dan Pelajar.

“Kalau Feeder tidak ada ya rugi di ongkos dan waktu, kalau Feeder kan gratis cukup bayar LRT saja, kalau ini harus membayar ojek yang biayanya besar,”imbuhnya.

Baca juga : Angkutan Feeder Musi Emas Belom Jalan, Hari Ini Bus TMPJ Menyusul Stop Beroperasi di Palembang

Sementara Novi (35) warga Talang Kelapa juga merasa kecewa sekali kalau memang ternyata benar yang diberitakan bahwa belum dilakukan pembayaran itu.

“Karena sebagai pengguna kami sudah sangat bergantung pada feeder ini. Feeder adalah jawaban atas kesulitan yang kami alami untuk menuju ke stasiun LRT,”ucapnya.

Bagaimana program pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU) bisa terjadi kalau sering ada permasalahan seperti ini, ini mengecewakan pengguna.

“Gimana LRT bisa ramai penumpang nya kalau transportasi integrasinya mogok,”ungkapnya.

Baca juga : Keamanan Kawasan BKB dan Kambang Iwak Jadi Perhatian Serius Pemkot Palembang

Ia berharap agar Pemerintah kota Palembang segera menyelesaikan kewajibannya dan tidak menjadi cemoohan di masyarakat.

“Harapannya bisa cepat menyelesaikan apa yang jadi kewajiban pemerintah, karena ini merupakan kepentingan masyarakat dan ini sudah jadi cemoohan masyarakat soal feeder ini,”jelasnya.

Bahkan, Ia menyebut bahwa pemerintah tidak serius dalam penanganan Feeder ini karena penumpang Feeder sangat rame terkhusus di rute Talang kelapa karena tidak ada angkutan umum lain selain Feeder.

“Kami menganggapnya pemerintah dak serius, rame terus padahal penumpang nyo, kalu sampe stop kecewa nian,”pungkasnya.

Sebagai Informasi angkutan umum Feeder LRT Musi Emas di yang beroperasi di kota Palembang ada 7 Koridor. Koridor 1 dan 2 di biayai menggunakan APBD Pemerintah Kota Palembang, sedangkan untuk koridor 3 sampai koridor 7 di biaya APBN Melalui Kementerian Perhubungan.

Diketahui untuk menjawab tingginya kebutuhan akan moda transportasi publik di perkotaan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan, Pemerintah telah meluncurkan layanan Angkutan Perkotaan dengan Skema Pembelian Layanan (Buy The Service) atau BTS sejak Tahun 2020. BTS merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan subsidi pelayanan transportasi publik yang dilakukan bekerja sama dengan operator.

Sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum.

Respon (41)

  1. Semoga cepat terselesaikan, palembang merupakan kota besar yang perlu adanya transportasi yang memadai untuk masyarakat, terutamanya feeder dan bus. Kalo seperti ini sulit kita untuk berpergian jika tidak ada transportasi, gimana ekonomi mau bergerak jika pengerak ekonomi saja macet

    1. Sangat mengecewakan sebagai pengguna feeder lrt karna terhenti nya 3 hari ini ,banyak yang kebinggungan mencari transportasi buat pulang, mereka sudah menggurangi kemacetan dan polusi di kota palembang dengan menaiki feeder lrt terus di lanjutkan dengan LRT, kalo terhenti nya feeder ini sia sia saja kami naik LRT kalo turun dari stasiun nya masih bingging buat cari alat integrasi selanjut nya hingga sampa ke tempat tujuan, buat pemerintahan kota palembang cepat selesaikan masalah ini

      1. Sangat kecewa atas di stop nya feder dan transmusi dikarenakan kami pengguna aktif setiap hari… Semoga pemerintah bisa segera cepat menyelesaikan permasalahan ini…

  2. Sangat mengecewakan teruntuk penumpang yg setiap pagi dan sore naik feeder,sudah sangat membantu tetapi kok berhenti,sudah menunggu ada feeder ternyata tidak jalan.ada apa pihak pemerintah?!!!

    1. sangatt kecewa dgn di stop Feeder ini,
      kmi selaku masyarakat kecil ini sangat membutuhkan feeder.
      tolong lah kepada pemerintah ni segera bayar kan HAK mereka.
      jgn Di tahan Hak mereka,

      1. Kami sebagai masyarakat sangat kecewa atas di stop kan nya feeder musi emas, kami mohon pihak pemerintah, pemkot khusus nya segera menyelesaikan pembayaran, kmi sangat dirugikan se x.

    2. pak walikota kami masyarakat kecil ini sangat butuh sekali dengan mobil merah feeder lrt yang sangat membantu sekali saat pergi jualan.
      apa lagi ekonomi sekarang ini sangat lah susah semua barang ke butuhan mahal .semenjak ada feeder ltr saya sangat terbantu .mohon cepat di selesaikan pak walikota agar bisa kembali beroperasi lagi seperti biasa. feeder lrt ya.

  3. Sangat kecewa,,, saya yg selaku masyarakat kota palembang dan pengguna setia fedeer setiap hari..

    Tolong kepada pihak terkait yaitu pemkot palembang,, agar masalah ini cepat selesai
    Karena kmi butuh transportasi ini kembali beroperasi seperti biasa nya

  4. Teruntuk pemerintah khususnya kota palembang, saya (selaku masyarakat kota Palembang) meminta mohon perhatiannya atas permasalahan yang tengah terjadi ini dan juga segera ditindak lanjuti agar kedepannya masyarakat Palembang merasa ter-ayomi melalui transportasi umum yang terintegritas ini (Feeder LRT Musi Emas Kota Palembang).

  5. Teruntuk pemerintah kota Palembang dimohon diselesaikan dikarenakan bnyk masyarakat membutuh kan fedeer lrt termasuk saya yg bkerja tiap hari ,apa lagi saya tidak ada tranportasi lain selain naik fedeer

  6. Teruntuk pemerintah kota palembang , kalo udah pada mogok gak jalan gini bukan masyarakat yg nak gunoke feeder bae pak yg kecewa , gimana nasib yang kerja di feeder ni pak semakin banyak lagi pengangguran di kota plg ini 😔 nyari gawe laaa susah pak 🙏

  7. Semoga transportasi palembang cepat membaik dan pemerintah secepatnya menanggapi hal ini
    Karena hal ini banyaknya dampak kerugian yang di alami oleh pihak² terutama masyarakat yang telah terbiasa menaiki kendaraan umum seperti Feeder lrt

    1. Jujur sebagai masyarakat kota palembang sangat kecewa karena feeder lrt di stop lantaran kami sangat butuh transportasi seperti ini guna untuk mempermudah bekerja.
      Besar harapan kami untuk kepada pemerintah kota palembang untuk menyelesaikan permasalahan ini.

  8. Inti nya sangat2 kecewa.selama ini saya bangga menjadi warga kota Palembang.melihat kota Palembang dengan tranfotasi nya yang modern dan teknologi canggih.tercoreng dengan tertundanya hak karyawannya.semoga pihak terkait untuk segera menyelesaikanya dan bisa beroperasi kembali.

  9. Kami sebagai masyarakat sangat kecewa atas di stop kan nya feeder musi emas, kami mohon pihak pemerintah, pemkot khusus nya segera menyelesaikan pembayaran, kmi sangat dirugikan se x.

  10. Jujur sudah sangat ketergantungan…angkutan yg memberi pelayan terbaik, Aman, Nyaman, Bersih, terutama ada PASTI, pasti ada setiap saat nya mulai dr pagi jam 05:00 s/d 08:00 wib.
    Kami sangat berharap besar pd pemerintah kota palembang untuk menyelesaikan permasalahan internal tsb. Supaya kami bisa menjalankan aktifitas dan menggunakan fasilitas umum ini…bayar tidak maslah yg penting ada .

  11. Feeder ini banyak nian ngebantu wong, khusus nyo wong borang ni pak, tiap apolagi sore nompok antri, di asrama haji, apo lagi di terminal sako, kalo naek di bus stop tengah penuh tros, mugo cepetlah jalan, dan pemkot palembang cepat urus tuntas, biar feeder ini biso jalan lagi. AAMIIN .

    1. Asm wr.wb saya selaku masyarakat talang kelapa dan penggemar fedeer dengan ingin menyampaikan dari sudut pandang saya pemerintah kota palembang tidak serius menangani hal ini. Klu dari segi uu no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum, saya selalu masyarakat talang kelapa meminta kepada pj ratu dewa tegas mengambil sikap terkait pelayanan transportasi fedeer ini jangan sampai terulang lagi kejadian seperti ini. Kita masyarakat palembang sangat dirugikan sekali bagaimana mau maju klu pemerintah setempat kota palembang menstop transportasi yg bagus ,aman,Nyaman.seperti fedeer ini. Hanya karna tidak dibayarkan oleh pemkot. Tolong kepada pj pak ratu dewa selaku pimpinan terkhusus kota palembang ini tuk mentindak lanjuti secepatnya permasalah angkutan fedeer lrt ini,Terima kasih.

  12. Tolong bpk/ibu pejabat kota palembang, kapan kota kita mau maju kalau fasilitas pemkot ny slalu tersedat² dg kasus yg sama stiap tahun nya…

  13. Initinyo kecewa nian samo pemkot palembang ,ngajak masyarakatnyo kembali ke angkutan umum tp pemerintah nyo bae dak beres madai 3 bulan dak di bayar supirnyo itu ado keluarga pak anak istrinyo nunggu di rumah untuk makan ,,,, jd tolongla segera di selesai kan agar feeder kembali beropeasi,,,,,

  14. Saya berharap besar feeder lrt bisa beroprasi lg, karena banyak masyarakat yg membutuhkan feeder, terutama anak2 sekolah, dengan stop nya feeder bnyak masyarakat yg merasa di rugikan.

  15. Saya berharap feeder lrt bisa beroperasi lagi karena kami sebagai masyarakat sangat membutuhkan angkutan feeder ini.
    Seharusnya pemerintah palembang malu dengan kota-kota lain yang angkutan umum nya sangat didukung pemerintah kota nya.

  16. Kami warga maskarebet berharap besar feeder LRT emas bisa beroperasi lagi karena banyak masyarakat yg membutuhkan feeder, terutama anak² sekolah dan juga pelayanan baik aman ,bersih, nyaman sampai berebut naek feeder tolong bapak Pemkot Palembang agar segera beroperasional lagi feeder nya agar kami tidak dirugikan ongkos kami susah kalo tidak ada feeder selama ada feeder kami aman aman saja semoga terbuka hati Pemkot Palembang buat warga nya aminn,😇

  17. Saya berharap feeder lrt bisa beroperasi lagi karena kami sebagai masyarakat sangat membutuhkan angkutan feeder ini.
    Seharusnya pemerintah palembang malu dengan kota-kota lain yang pemerintah nya sangat mendukung angkutan umum

  18. Pak pejabat terkait, tolong kami rakyat kecil….selesaikanlah masalahnya dan jalnkanlah kembali feerder lrtnya karena kalau feedernya jalan lagi secara tidak langsung bapak2 sudah membantu dan memperhatikan rakyat bawah/kecil

    1. Kami masyarakat Palembang merasa sangat terbantu dgn adanya angkutan feeder lrt.dimana tidak d operasikan angkutan feeder ini merasa sangat d rugikan kedepannya harapan kami smga feeder dpt beroperasi seperti biasanya melayani masyarakat Palembang, harapan kami dengan pemerintah kota secepatnya menyelesaikan kewajiban nya

    2. Kepada pemerintah kota palembang terkhusus PJ Walikota, tolong lah pak berikan kami masyarakat palembang ini transportasi seperti Feeder ini karena kami warga sangat terbantu ada nya transportasi Feeder ini, jika tidak beroperasi kami warga akan kesusahan jika akan melakukan aktifitas seperti bekerja, sekolah, bahkan dengan adanya transportasi nya kan juga ada mengurangi kemacetan dan juga jika tidak beroperasi kembali transportasi Feeder juga akan berdampak perekonomian dan angka pengangguran di kota palembang meningkat… Kami mohon kepada pemerintah kota palembang selesaikan yang memang menjadi HAK dari masyarakat dan pekerja di transportasi ini agar membantu perekonomian masyarakat dan kota palembang itu sendiri🙏🏽

  19. Tolong pemerintah kota Palembang, saya sebagai masyarakat sangat membutuhkan feeder ini , mohon untuk di selesai kan secepatnya permasalahan yang terjadi.
    Malu pak dengan slogan Palembang emas nyo.

  20. Sangat disayangkan kl feeder LRT sampai stop operasi. Krn manfaat feeder bagi masyarakat palembang sangat terasa sekali. Kami rakyat kecil sgt terbantu sekali dgn adanya feeder krn bs mengurangi biaya transportasi klrga kami. Intinya kami sdh tergantung sekali dgn feeder. Mhn utk pejabat2 daerah dan pusat utk segera menuntaskan permasalahan ini. Besar harapan kami agar feeder LRT dpt segera beroperasi lg. Terima kasih.

  21. Bagaimana bisa Palembang menuju Palembang emas Darusallam yang di inginkan oleh pemerintah kota Palembang kalau untuk transportasi umum saja sulit kami dapatkan.ketika feeder LRT menjadi jawaban untuk transportasi di kota Palembang yang membantu kami masyarakat Palembang untuk beraktivitas mulai dari pargi sekolah sampai kami ke tempat tujuan tanpa lama kami menunggu karna ada jadwal keberangkatan feeder LRT.kami kecewa dengan di stopnya operasi feeder LRT TALANG KELAPA dan SEMATANG BORANG karna permasalahan PEMKOT dengan pihak pengelola feeder LRT.pak RATU DEWA tlg di bantu permasalahan ini agar feeder LRT bisa beroperasi kembali.
    kami masyarakat Palembang yang sangat membutuhkan transportasi yang aman dan nyaman seperti feeder LRT.

  22. Sangat kecewa atas di stop nya feder dan transmusi dikarenakan kami pengguna aktif setiap hari… Semoga pemerintah bisa segera cepat menyelesaikan permasalahan ini…

  23. Tolonglah kami wong cilik ini di prioritaskan. Kami sangat membutuhkan angkutan feeder ini, karena ditempat kami (sematang borang) tidak ada angkutan umum selain feeder.
    Saya sangat menyayangkan mengapa program transportasi gratis yg sangat mulia dari PEMKOT palembang ini ter-ciderai dan harus stop operasionalnya disebabkan oleh PEMKOT itu sendiri, yg saya dengar PEMKOT palembang tidak memenuhi kewajibannya soal gaji karyawan feeder.
    Saya masih berharap pak walikota RATU DEWA dapat menyelesaikannya, dan angkutan umum feeder bisa beroperasi kembali.
    Kami warga SEMATANG BORANG mengharapkan langkah PRO AKTIF bapak sebagai walikota untuk menyelesaikan permasalahan feeder ini, semoga ALLAH akan membalas setiap kebaikan yg bapak berikan untuk masyarakat kota PALEMBANG

    Amin….

  24. Kami sangat kecewa sekali dgn tdk beroprasinya feeder lrt khusus nya talang kelapa-S.borang..karna kmi beraktifitasnya menggunakan transportasi tersebut.. Kami berharap kpd pemerintahan agar masalah pembayaran k pt. tgm cepet terselesaikan,,agar fedeer lrt dan karyawannya bisa beroprasi kmbali di kota plg.. Agar transportasi feeder lrt kota plg jadi aicon dan jadi contoh untuk kota2 laen.. Dan juga kmi beraktifitas tdk menggelurkan biaya terlalu besar… Kmi mohon pak semoga cepet terselesaikan.. Dan jangan d stop feeder lrtnya.. Kmi mohon pak

  25. Semoga segera ada titik temu, dan feeder dapat beroperasi kembali. Karena salah satu dari penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat itu adalah moda transportasi. Dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan armada feeder sebagai transportasi utama dalam keseharian baik itu untuk ( usaha, sekolah dan bekerja), Sudah selayaknya pemerintah selaku pihak yang bertanggung jawab dalam menyediakan transportasi publik harus segera menyelesaikan permasalahan ini, agar masyarakat kembali dimudahkan dengan pelayanan feeder ini

  26. Tolong feeder segera aktif lagi. Sulit sekali mau mencari angkutan umum. Ongkos yang dikeluarkan juga jadi terlalu besar. Tolong dibantu rakyat kecil.

  27. jadi susah karena feeder stop 3 hari ini, harus brkt lebih pagi dan dgn ongkos yg jauh lebih besar. selama ini sgt tertolong dgn adanya feeder, pelayanan dan drivernya juga sudah cukup memuaskan selama ini. semoga cepat terselesaikan dalam waktu dekat agar bisa membantu warga lagi.

  28. Assalamu’alaikum. 🙏
    Dengan rasa hormat saya kepada pihak yang bersangkutan. Pemerintahan kota Palembang saya masyarakat kota Palembang khusus nya tinggal di borang. Mudah -mudahan pemerintahan kota palembang segera menindak lanjuti masalah yang ada. Khusus nya di angkutan feeder musi emas agar bisa berjalan sediakalah. Bagi saya angkutan feeder musi emas sangat baik dan mempunyai manfaat yang baik untuk kami. Mudah-mudahan atas kerja keras kepemimpinan pemerintahan kota palembang bisa membuat kota yang maju dan sejahtera. Dan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi saya mengucapkan terimakasih. Mudah-mudahan bermanfaat sampai ke generasi selanjutnya. Semoga Allah SWT membalas atas kerja keras kepemimpinan pemerintahan kota palembang berserta perusahan yang ikut serta dengan kebaikan.
    Saya ucapkan Mohon maaf apa bila ada salah kata dan kata-kata yang kurang baik 🙏🙏🙏. Dan saya ucapkan beribu-ribu terimakasih. 🙏🙏🙏.
    Assalamu’alaikum.

  29. Payo oii… apo dio masalahnyo Pecak dak sudah2, jangan ego pemerintah masyarakat yang dikorbankan #pjwalikota #ratudewa urusi Feeder nih nah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *