Usulan PJ Walikota Palembang, Beberapa Fraksi Di DPRD Terkesan Tidak Libatkan Anggota

Ilustrasi Topi dan Lambang yang di gunakan Kepala Daerah, (foto.Istimewa)

PALEMBANG – Barometer99.com,- Masa jabatan Walikota Palembang Harnojoyo akan segera berakhir pada bulan september mendatang. DPRD kota Palembang akan mengusulkan tiga nama PJ yang memenuhi kriteria. Namun belakangan ini beberapa Fraksi terkesan tidak melibatkan anggota masing -masing fraksinya sendiri.

Pasalnya, beberapa anggota DPRD Kota Palembang saat dibincangi wartawan tidak mengetahui secara jelas siapa yang diusulkan Fraksinya terkait PJ Walikota Palembang yang akan menggantikan Harnojoyo.

Sedangkan dalam peraturan Kemendagri usulan PJ Walikota nomor 4 tahun 2023 pasal 9 tentang pengusulan nama PJ walikota dilakukan oleh Menteri, Gubernur dan DPRD.

Dalam hal ini, yang di maksud DPRD adalah seluruh anggota DPRD memiliki hak untuk mengusulkan nama PJ melalui Fraksi masing-masing partai.

Baca juga : Razia di Pasar 16, Dishub Palembang Temukan Surat Tugas Jukir Nonaktif

Beberapa anggota Fraksi di DPRD Palembang ada yang mengaku tidak memonitor terkait usulan -usulan nama PJ Walikota Palembang dan ada juga yang mengaku untuk urusan PJ Walikota Palembang tidak pernah di bahas di Fraksi kami. Akan tetapi ada juga yang mengaku sudah di koordinasikan melalui sambungan telepon.

Berbeda halnya dengan Fraksi PDIP yang sengaja menggelar rapat bersama anggota fraksi dan pimpinan partai, tidak semata anggota fraksi saja tapi atas instruksi dan persetujuan pimpinan partai hingga muncul 3 nama yang di usulkan dari fraksi PDIP untuk PJ Walikota Palembang.

“Kalau kita PDIP sudah kita bahas bersama dengan pimpinan Partai, dan juga anggota fraksi dan kita sudah memutuskan mengusulkan 3 nama dan semuanya sesuai dengan peraturan Kemendagri,”kata ketua Fraksi PDIP Duta Wijaya Sakti saat dibincangi, Selasa (08/08/2023).

Baca juga : Maju Caleg DPR RI Dapil Sumsel 2, Zulkarnain Adinegara Siap Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

Saat disinggung nama yang diusulkan, Ketua Komisi lV ini merahasiakan ketiga nama itu.

“Ketiga nama yang kita usulkan semuanya sudah memenuhi syarat, jabatan tertinggi di pemerintah kota Palembang dan dua laginya dari pemerintah provinsi,”ujarnya.

Berbeda halnya dengan Fraksi Demokrat yang diputuskan langsung oleh Ketua DPRD kota Palembang Zainal Abidin dan disetujui oleh ketua Fraksi. “Kami satu pintu dengan pak Zainal Ketua DPRD,”ujar ketua Fraksi Aldestar.

Hal yang berbeda juga disampaikan oleh ketua Fraksi PKB Sutami yang mengaku sudah mengusulkan tiga nama. “Kita sudah mengusulkan tiga nama dan pada prinsipnya anggota setuju semua,”ungkapnya.

Baca juga : Periksa Perizinan, Komisi ll DPRD Kota Palembang Sidak Tempat Hiburan Gold Dragon

Berbeda lagi halnya dengan Ketua Fraksi PAN Ruspanda Karibulah sudah mengusulkan nama yang dinilai kriterianya memenuhi persyaratan dan memahami kota Palembang.

“PAN juga sudah mengusulkan nama Ratu Dewa sama dengan kawan – kawan yang lain,”pungkas Ruspanda.

Ia berharap siapapun yang memimpin Palembang menjadikan kota Palembang lebih baik. “Kita hanya berharap siapapun yang memimpin nanti yang pasti kita berharap menjadikan Palembang lebih baik,”harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *