DPD REI Sumsel Targetkan Bangun 17 Ribu Rumah MBR di Tahun 2023

Foto bersama Pengurus DPD REI Sumsel, saat perayaan Hari ulang tahun REI ke 51 di kantor DPD REI Sumsel, Sabtu 11 Februari 2023, (foto.Yon).

Barometer99- PALEMBANG,- Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPD REI) Sumatera Selatan menargetkan pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 17.000 unit tahun 2023. Angka ini melampaui target tahun 2022 lalu 15.000 Unit.

“Target untuk MBR tahun 2023 sebanyak 17 ribu,”kata ketua DPD REI Sumsel Zewwy Salim saat diwawancarai sela-sela kegiatan HUT REI ke 51 tahun di Kantornya, Sabtu (11/02/2023).

Pada tahun lalu, kata dia sekitar 13.800 unit rumah MBR terjual sedangkan untuk perumahan Komersial sebanyak 1800 unit.

“Tahun kemaren untuk RSH atau MBR 13.800 sedangkan rumah Komersil 1800 hampir 2000 jadi untuk capaian tahun 2022 kemaren Alhamdulillah pencapaian dari target kami kemaren tercapai,”ujarnya

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2023 secara nasional ada penambahan kuota sebesar 10 persen untuk rumah MBR. Akan tetapi rencananya akan ada kenaikan harga dengan kisaran 5 sampai 7 persen.

Baca juga : Dua Tahun BSI, Laba Tumbuh Impresif 40,68% Capai Rp4,26 Triliun

“Untuk kenaikan harga sebentar lagi akan di umumkan, kami lagi menunggu juklak dan juknis yang berlaku untuk sementara ini besaran kenaikannya belum bisa dipastikan tapi berkisaran 5-7 persen,”ujarnya

Ia juga menyebutkan, selama ini terhalang oleh jarak yang letaknya dipinggiran Kota dan juga Fasilitas umumnya seperti jangkauan angkutan Umum, Listrik dan Air bersih.

“Sudah kita ketahui harga dasar dalam suatu hunian atau rumah adalah tanah jadi tanah jika line ditengah kota kalau kita bangun rumah untuk hunian yang sederhana harganya sudah mahal.

“Jadi sekarang ini yang membangun perumahan subsidi adalah dipinggiran kota Palembang atau pun kabupaten karena harganya sudah diatur oleh pemerintah hanya pinggiran kota yang harganya cocok,”ucapnya.

Baca juga : 3 Pekan Kenaikan BBM, Material Rumah Naik Hingga 15 Persen, Zewwy Salim : Kami Usulkan Harga Rumah di Evaluasi

Dengan demikian, Pengembang akan memperhatikan Fasilitas umumnya agar tetap menjadi daya tarik seperti Jangkauan angkutan umum ada, Air bersih tersedia sehingga walaupun letaknya jauh dari pusat kota namun fasilitasnya lengkap.

Ia berharap agar pemerintah mendukung program REI dan mempermudah dalam semua pengurus dokumen.

“Kami berharap dengan pemerintah sebagai mitra kami dan sebagai stakeholder agar bersinergi dengan kami memberikan regulasi yang berpihak kami semoga hubungan yang sudah baik ini tetap terjalin yang lebih baik lagi kedepannya,”harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *