Peringati HUT Baznas, PJ Bupati mengajak ASN untuk sisihkan 2.5% Penghasilan untuk berzakat

Muara enim | Barometer99 – HUT Baznas di meriah dengan kegiatan Pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa penyerahan kunci bedah rumah dan pemberian 2 gerobak usaha untuk pondok pesantren Ibadurrahman Senin, 17 Januari 2022 bertempat di masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim.

 

Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Muslim, untuk pula dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Zakat Penghasilan dan Infaq ASN, maka Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., mengajak seluruh masyarakat, khususnya para ASN beragama Islam yang telah memenuhi syarat nishab atau batas minimal harta terkena wajib zakat untuk taat dalam menzakatkan 2,5% dari penghasilannya. Hal terebut disampaikan Pj. Bupati dalam sambutannya pada peringatan hari ulang tahun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ke-21 di Masjid Babussalam.

 

 

Pj. Bupati yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, S.H., M.H., berharap sebagai abdi negara dan masyarakat, ASN haruslah menjadi pembayar zakat (muzakki) yang taat sehingga mampu membantu optimalisasi penerimaan zakat yang dikumpulkan Baznas Kabupaten Muara Enim.

 

Dengan demikian menurutnya dapat memaksimalkan penyaluran zakat kepada warga yang membutuhkan sehingga mampu membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Muara Enim. Dalam kegiatan ini, selain menyerahkan zakat secara simbolis, Pj. Bupati juga menyerahkan bantuan program bedah rumah kepada Bapak Jasit, warga Desa Pandan Enim, Kecamatan Tanjung Agung dan bantuan gerobak untuk usaha kecil kepada Pondok Pesantren Ibaddurohman, Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim.

Sementara itu Ketua Baznas Muara Enim Drs. H. Fajri Erham, M.M., menyampaikan apresiasinya atas perhatian dan dukungan Pj. Bupati. Dirinya menjelaskan bahwa Baznas Kabupaten Muara Enim ini telah menyalurkan zakat dan infaqnya untuk berbagai kegiatan sosial, antara lain zakat kepada asnaf fisabilillah, fakir miskin, anak yatim piatu, bedah rumah, pembangunan jamban dan sanitasi bagi warga kurang mampu, akomodasi kesehatan, program beasiswa satu keluarga satu sarjana, beasiswa pendidikan sekolah, pembangunan masjid, mushala, sekolah maupun madrasah dan fasilitas umum lainnya. Selain itu menurutnya juga disalurkan untuk pembinaan wirausaha, ibnu sabil dan pembinaan bagi para mualaf.

 

Selanjutnya menurut Fajri Arham di tahun 2021 Baznas mendapatkan prestasi yang sangat baik di Sumatera Selatan ini memasuki nominasi terbaik Sumatera Selatan dalam pendistribusian dan pennyaluran zakat tepat sasaran dan tujuan selanjutnya basnas muaraenim mendapatkan opini akuntan public wajar tanpa pengecualian (WTP) pada tahun 2021. Ungkapnya

 

Harapan dari ketua Baznas semua masyarakat Muara Enim berperan aktif untuk pembayaran zakat yang diarahkan melalui badan amil zakat nasional Kabupaten Muara Enim terkhusus untuk para ASN di Kabupaten Muara Enim, agar keseimbangan perekonomian bisa terwujud dengan dukungan para Dermawan yang berzakat. Pungkasnya

 

Selain PJ bupati Muara Enim HNU, PJ Sekretaris Daerah Drs emran Tabrani, kepala kantor kementerian agama Kabupaten Muara Enim, asisten perekonomian dan pembangunan,kepala Kesbangpol, kadin PUPR, Kepala dinas sosial, kadin kominfo, Kabag prokopim, forkopimda, Tripika, tokoh agama tokoh masyarakat dalam memeriahkan HUT Baznas Tahun 2022.

Penulis: FitrahEditor: Palendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *