Pelantikan Pantarlih, Babinsa Berharap Para Petugas Dapat Menjaga Netralitas

BAROMETER99, KUTAI KARTANEGARA- Dalam rangka untuk mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang akan datang, Babinsa Muara Jawa Pesisir, Koramil 0906-05/Muara Jawa Kodim 0906/KKR Sertu Tri Ageng menghadiri acara pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar di kantor Kelurahan Muara Jawa Pesisir kecamatan Muara Jawa. Senin (24/06/2024).

Dalam acara tersebut, sebanyak 33 petugas pemutakhiran data pemilih dari kelurahan Muara Jawa Pesisir mengikuti acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta diberikan pembekalan terkait tugas-tugas mereka.

“Para Pantarlih nantinya akan melakukan penelitian dan pencocokan data pemilih Pilkada 2024. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan setiap warga yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya” ucap Ketua PPS Sugiono.

Selain itu, Babinsa Muara Jawa Pesisir Sertu Tri Ageng juga mengatakan betapa pentingnya tugas yang diemban oleh para petugas pada Pilkada serentak di wilayah Kukar.

“Peran Pantarlih sangat vital untuk kesuksesan Pilkada nanti. Data yang akurat akan memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para petugas untuk bekerja dengan jujur dan profesional serta dapat menjaga netralitas selama menjalankan tugasnya.

Pada acara pelantikan petugas pemutakhiran data pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kukar tampak dihadiri oleh Ketua PPS Sugiono, anggota PPK Yori, Lurah Muara Jawa Pesisir Adi Kresna, Kasi PMD Tarkiyah, Babinsa Sertu Tri Ageng, Bhabinkamtibmas Bripka Fikri dan tokoh masyarakat kelurahan Muara Jawa Pesisir.

Sumber Kodim 0906/Kkr

Exit mobile version