Polres Gresik Gelar Latkatpuan Satkamling Bagi Masyarakat

Barometer99, Gresik – Polres Gresik melalui Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan (Latkatpuan) bagi masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Wicaksana Laghawa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan warga dalam melaksanakan pengamanan Satkamling, Selasa (05/03/2024).

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek pengamanan, mulai dari pengenalan tanda-tanda kejahatan, teknik pelaporan, hingga taktik-taktik sederhana dalam menjaga keamanan.

Sebanyak 102 peserta pelatihan Kasatkamling dan Satkamling menunjukkan antusiasme yang tinggi.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Kami mendapatkan pengetahuan tentang pengenalan deteksi kejahatan, yang sangat berguna bagi kami. Belum lagi pengetahuan lainnya,” ungkap salah satu peserta.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kasat Binmas Iptu Ali Fauzi mengatakan, pihaknya terus berupaya menjalin kemitraan yang erat dengan masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan kondusivitas lingkungan.

“Salah satu langkah nyata dari upaya tersebut adalah memberikan Pelatihan peningkatan kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling),” jelas Kasat Binmas.

Menurutnya, keberadaan Satkamling merupakan instrumen penting dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di tengah kehidupan masyarakat.

“Dengan dukungan Bhabinkamtibmas yang profesional dan berdedikasi, Satkamling di wilayah Polres Gresik diharapkan akan semakin efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” ujarnya.

Ia menegaskan, wilayah Kabupaten Gresik hingga saat ini masih dalam situasi aman dan kondusif. Namun, aparat dan masyarakat tidak boleh lengah, apalagi tahapan Pemilu 2024 saat ini masih berlangsung.

Kabag SDM Kompol Dedik Winardi saat membuka pelatihan menambahkan, Satkamling dapat dikatakan sebagai garda terdepan yang paling dekat dengan masyarakat untuk mengetahui situasi dan kondisi di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk mencapai situasi yang aman dan kondusif di suatu daerah, terlebih dahulu harus menjaga keamanan di tingkat desa, kemudian kecamatan, dan selanjutnya kabupaten,” ucap Kompol Dedik Winardi.

“Disitulah pentingnya kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Satkamling ini, sekaligus juga memberdayakan potensi masyarakat,” tandasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *