Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Jadi Inspektur Upacara Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78

PALEMBANG – Barometer99.com Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bakti (Harbak) Pekerjaan Umum (PU) ke-78 Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (3/12/2023).

Harbak PU ke-78 tahun ini mengusung tema ‘78 tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri’. Melalui kesempatan ini juga, Fatoni membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) Basuki Hadimulyono.

Menteri PUPR melalui sambutan tertulis yang dibacakan Fatoni mengapresiasi kinerja jajaran PUPR yang tetap menjaga kekompakan dan kerjasama dalam tim sehingga PUPR berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur. Baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai tindak lanjut atas amanah yang diberikan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : PJ Walikota Palembang Ungkap Tuntutan Pedagang Pasar 16, Salah Satunya Minta Copot Dirut Perumda Pasar

“Kita harus terus istiqomah dalam menjaga kepercayaan yang diberikan para Pimpinan Negara dan publik kepada Kementerian PUPR yang kita cintai ini,” ucap Fatoni.

Dikatakan Fatoni, Kementerian PUPR di sepanjang tahun 2023 ini telah melaksanakan penugasan pembangunan infrastruktur secara merata di pelosok negeri. Ini berarti Kementerian PUPR mendukung penuh suksesnya agenda nasional di berbagai bidang.

“Mendukung penyelenggaraan event-event internasional seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KKT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di Kompleks GBK serta Piala Dunia U-17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah, yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,”  jelasnya.

Baca juga : Pj Walikota Palembang Bersama Kapolrestabes Tandatangani MoU Minimalisir Tawuran

Sejauh ini, Kementerian PUPR juga telah membangun infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) meliputi air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) serta hunian pekerja. Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

“Juga melanjutkan Proyek Strategis  Nasional (PSN) di mana 88 PSN telah selesai dibangun seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum dan program satu juta rumah. Selanjutnya ditargetkan 40 Proyek Strategis Nasional lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024”, paparnya.

Fatoni menyebut Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan 5,4 juta orang. Tercatat sejak tahun 2016 hingga 2023 telah dibangun sekitar 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Baca juga : Jawab Keluhan Warga, Ratu Dewa Terjunkan Petugas Perbaiki Jalan Semeru

Sesuai Inpres No 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan di daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3.131 kilometer dan 2.628 meter jembatan di 33 provinsi.

“Presiden Joko Widodo telah menyerahkan DIPA 2024. Gunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Kelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas serta jangan membuka celah korupsi sedikit pun. Serta percepat realisasi anggaran yang berorientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat,” jelasnya Fatoni.

Upacara Hari Bakti PU kali ini diikuti jajaran pegawai di lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII dengan mengenakan atribut pakaian nusantara. Turut hadir Kepala BBWSS VIII Feriyanto Pawenrusi, Asisten II Setda Provinsi Sumsel Basyarudin Akhmad dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *