Terpilih Sebagai Ayah Genre, Ratu Dewa Emban Tugas Turunkan Angka Pernikahan Dini

PALEMBANG – Barometer99.com,- Penjabat (Pj) Walikota Palembang Ratu Dewa terpilih sebagai ayah genre sedangkan Sekertaris Daerah Gunawan sebagai kakak genre. Tentunya dengan tanggung jawab dan tugas baru ini, ada beberapa hal yang harus diutamakan yaitu, penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana.

“Sebagai amanah baru, saya harapkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa mendukung program ini, kepada camat serta adek-adek genre sehingga kinerja kita lebih cepat dan terasa secara langsung oleh masyarakat,” jalasnya saat membuka acara pengukuhan ayah bunda kakak genre kota Palembang, di ruang Parameswara, Rabu, (11/10/2023).

Lanjutnya, adanya gotong-royong bersama yang akan kita kerjakan ini diharapkan angka terhadap masalah pernikahan dini, sek pranikah dan NAPZA. Seperti yang kita ketahui bersama berdasarkan data dari BKKBN bahwa pada remaja usia 16-17 tahun ada sebanyak 60 persen remaja yang melakukan hubungan seksual, usia 14-15 tahun ada sebanyak 20 persen,dan pada usia 19-20 sebanyak 20 persen.

Baca juga : Linmas Satpol-PP Kota Palembang Himbau Masyarakat Tidak Melakukan Kegiatan Berpotensi Kebakaran

Bahkan dari kasus yang ada di salah satu Kabupaten di Indonesia (Kabupaten Blitar) sebanyak 108 anak mengajukan dispensasi nikah di tahun 2023, dan mayoritas yang mengajukan pernikahan dini masih berusia di bawah 17 tahun, 40 diantaranya dilatarbelakangi karena sang anak hamil duluan.

“Ini adalah tugas berat kita semua, kepada adek – adek yang ada dilapangan dan kakak genre, kami ayah dan bunda genre kami menginginkan kerja sama ini bisa menurunkan pernikahan diusia dini,” tambahnya.

“Tentu bukanlah hal yang mudah, saya mengucapkan terima kasih dan atas amanah yang telah diberikan, semoga saya dapat melaksanakan amanah ini dengan baik dan mampu memberikan energi dan semangat baru kepada para remaja di Kota Palembang agar menjadi pribadi yang mampu merencakan kehidupan mereka dengan lebih matang,”sambungnya.

Baca juga : Pemerintah Kota Palembang Dorong Ratusan Peserta Ikuti Magang Kerja Ke Jepang

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan keluarga berencana Altur menambahkan dengan adanya ayah bunda dan kakak genre yang secara langsung dipimpin oleh Pj Walikota Ratu Dewa kita yakin dengan konsep gotong-royong ini angkat nikah dini bisa turun.

“Melalui Forum GenRe ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk ikut membantu mensukeskan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, melalui Program Genre pararemaja akan diedukasi terkait larangan untuk Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa,”tutupnya.

Diketahui pada tanggal 08 Maret 2023 kemarin telah dilaksanakan Pengukuhan Duta GenRe Tingkat Kota Palembang sebanyak 36 orang Putra Putri dari 18 Kecamatan dan 214 0rang putraputridari 107 Kelurahan di Kota Palembang. Menjadi bagian dari GenRe (Generasi Berencana).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *