Pemerintah Kota Palembang Dorong Ratusan Peserta Ikuti Magang Kerja Ke Jepang 

PALEMBANG – Barometer99.com,- Bersama Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor, PJ Walikota Palembang Ratu Dewa meresmikan pembukaan rekrutmen program magang kerja ke Jepang, Selasa (10/10/2023).

Program ini merupakan salah-satu upaya nyata Pemerintah Kota Palembang melalui Disnaker dalam mengurangi tingkat pengangguran hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta ini berlangsung di Sekolah Jepang FGI Palembang di Jalan Soekarno-Hatta Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat Satu.

Baca juga : Sekda Sumsel SA Supriono Buka Diklat Bendahara Keuangan Daerah Tahun 2023

PJ Walikota Palembang Ratu Dewa mengungkapkan, berdasarkan data angka pengangguran pada Februari 2023 menurun dibandingkan Februari 2022.

Menurutnya, pencapaian itu tidak lepas dari kerjasama yang baik antara pemerintah dengan seluruh stake holder yang ada di Palembang. Berbagai upaya sudah banyak dilakukan oleh Disnaker Kota Palembang, meliputi job fair setiap tahun dan juga program pelatihan kerja dan lain-lain.

Baca juga : Linmas Satpol-PP Kota Palembang Himbau Masyarakat Tidak Melakukan Kegiatan Berpotensi Kebakaran

“Ini memang butuh percepatan, maka saya minta dengan Disnaker terus dijalin tidak hanya dalam skala internasional tetapi juga dengan pihak perusahaan internal kita juga harus terjalin kerjasama sehingga penyerapan tenaga kerja bisa meningkat. Karena saya butuh percepatan dari sisi pengurangan angka pengangguran dan angka kemiskinan di Palembang,” ujar Ratu Dewa.

Selanjutnya, Wamenaker Afriansyah Noor mengungkapkan Pemerintah Indonesia sudah melakukan MOU dengan beberapa negara luar, diantaranya adalah Jepang.

Baca juga : Tertibkan PKL di Jalan Yos Sudarso, Anggota Satpol PP Palembang Sempat Adu Mulut Dengan Pedagang

“Alhamdulillah hari ini dilakukan serapan tenaga kerja untuk ke Jepang,” ujarnya.

Disampaikannya, bahwa para peserta harus mengikuti syarat- syarat tertentu diantaranya tes fisik, tes ilmu pengetahuan hingga belajar bahasa Jepang.

“Banyak yang tidak tahu kalau kerja di Indonesia dan Jepang itu berbeda, kita ada UMP. Kalau di Jepang penghasilan bisa Rp 10 jutaan keatas satu bulan. 3 tahun anda bekerja bisa naik gaji 3 kali lipat, begitu ada kesempatan manfaatkan kesempatan dengan sebaik- baiknya,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *