Gubernur Sumsel Berharap Porprov XIV Jaring Atlet Berprestasi juga Menjadi Sarana Pemulihan Ekonomi Daerah

LAHAT – Barometer99.com,- Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru secara resmi  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2023 yang digelar di Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah.

Dalam Perprov kali ini melibatkan 17 Kabupaten/Kota dengan mempertandingan 44 Cabang olahraga (Cabor) yang pembukaannya ditandai dengan Opening Ceremony, Minggu (17/9/2023) malam.

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru mengapresiasi  Kabupaten Lahat sudah menjadi tuan rumah Porprov Sumsel XIV dan Peparprov Sumsel IV 2023 yang luarbiasa siap dalam menyukseskan event olahraga tersebut.

“Atas nama pribadi dan Pemprov Sumsel, Saya  ucapkan terima kasih kepada Kabupaten Lahat yang  telah menjadi taun rumah yang begitu baik ,”kata Herman Deru.

Baca juga : Jelang Akhir Jabatan, Wagub Mawardi Yahya Ucapkan Terimakasih Ke Warga Mesuji Raya OKI

Menurutnya selaku tuan rumah, Kabupaten Lahat telah berupaya maksimal dalam menyiapkan venue dan infratstruktur, termasuk memberikan layanan maksimal bagi para atlet dan offcial yang datang untuk  bertanding dalam 44 cabor. Dia juga berharap event ini mampu  menjadi sarana pemulihan ekonomi bagi daerah sekitar.

“Kita harapkan ada geliat ekonomi yang besar baik IKM , UKM dan Homestay maka saya minta layanilah kontingen dengan penuh keramahtamahan yang baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Herman Deru Porprov juga menjadi ajang seleksi bagi atlet untuk tampil pada ajang PON 2024.

“Harapan saya kegiatan ini akan menjaring atlet-atlet hebat yang akan tampil pada PON nanti. Saya minta kepada wasit, juri dan atlet tegakan sportivitas,” tutupnya.

Baca juga : Ratusan Peserta Fun Bike, Fun Run dan Fun Walk Meriahkan Dies Natalis FK Unsri ke-61

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang mengakui ajang ini sebagai kompetisi yang harus selalu menjujung tinggi sprotivitas dan ajang silaturahmi.

Cik Ujang mengharapkan kepada semua atlet, official dan pelatih dapat berpatisipasi aktif saling menjaga keamanan dan ketertiban serta kegiatan ini sebagai wadah meraih prestasi.

Menurutnya menjadi tuan rumah ini merupakan kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi Kabupaten Lahat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Herman Deru yang memberikan kepercayaan Kabupaten Lahat menjadi tuan rumah. Insya Allah kami akan melakukan yang terbaik dalam menyukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.

Baca juga : Gubernur Resmikan Akses Jalan Penghubung Kabupaten OKU Timur – Ogan Ilir Sepanjang 68 KM

Ditempat yang sama Ketua Pelaksana, Ketua Umum PB Porprov Sumsel ke XIV, Achmad Syamsuddin melaporkan,  Perprov  diadakan setiap 3 tahun sekali dan bertujuan untuk untuk menjaring dan mencetak atlet Sumsel berbakat, hebat dan profesional sehingga mencetak atlet Sumsel yang berkualitas dan dapat mengharumkan nama provinsi Sumsel ditingkat nasional maupun Internasional.

Khusus untuk Perprov kali ini mempertandingkan  44 cabor dan 817 Nomor Pertandingan, serta memperebutkan 3.011 medali dengan rincian, 878 Medali Emas, 878 Medali Perak dan 1255 Medali Perunggu.

“Kami berharap dengan diadakannya Porprov XIV yang mendatangkan 13.360 atlet ke Kabupaten Lahat ini, dapat membantu meningkatkan ekonomi kerakyatan khususnya bagi para pelaku UMKM Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru seluruh Bupati/Walikota serta BUMN/ BUMD, dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

Baca juga : Jemput Bola Pembayaran PBB, Bapenda Siapkan Mobil Kas Keliling di Kantor Camat se- Kota Palembang

“Pada Porprov XIV kali ini mengusung tema “Bangkitkan Sportivitas, Raih Prestasi, Sumsel Maju Untuk Semua”, menunjuk Kabupaten Lahat untuk menjadi tuan rumah acara Pekan Olahraga Provinsi Sumsel yang akan berlangsung mulai dari tanggal 17 sampai dengan 24 September 2023,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Peparprov, Ryan Yowhari mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru dan para Bupati/Walikota se Sumsel yang sudah memperhatikan hak-hak peyandang disabilitas.

“Kami benar – benar bangga dan tersanjung yang sudah memperlakukan hak-hak bagi para peyandang disabilitas,” ujarnya.

Dia mengatakan pada Peparprov Sumsel IV ada 912 atlet yang tergabung di Pengurus National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Sumsel dan mempertandingkan 10 cabor.

Untuk diketahui, pembukaan ini ditandai dengan pemberian obor dari Atlit Pencak Silat, Nia Larastasi kepada Gubernur Herman Deru.

Selain itu, Opening Ceremony menampilkan para defile kontingen di 17 Kabupaten/Kota, tari rai – rai massal dari 1000 pelajar, dan dimeriahkan oleh penampilan artis Ibu Kota, Via Vallen.

Turut hadir, Anggota DPRD Sumsel, Alfarenzi Panggarbesi, Ketua Kormi Sumsel, Hj Samantha Tivani HD, para Bupati/Walikota yang mewakili, para Kepala OPD Sumsel, para OPD Kabupaten Lahat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *