Polda Sumsel Selalu Siap Membantu Untuk Tanggap Bencana

Barometer99– Lahat- Sejumlah wilayah di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) dikepung banjir dan tanah longsor, Kamis (9/3/2023) hingga siang hari ini.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Lematang meluap dan merendam rumah-rumah warga di sekitarnya.

Setidaknya ada beberapa wilayah di Kabupaten Lahat yang dikepung banjir meliputi, Kecamatan Pulau Pinang, Kecamatan Lahat, Kecamatan Kikim dan Kecamatan Jarai serta sejumlah daerah lain yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

Dari kejadian tersebut, dengan sigap jajaran Polda Sumsel dari Polres hingga jajaran polsek lahat langsung dikerahkan untuk turun tangan membantu korban longsor dan banjir bandang yang terjadi di sejumlah Kecamatan Kabupaten Lahat.

Sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat Polda Sumsel memberikan bantuan dengan mengirimkan personilnya untuk membantu evakuasi korban bencana alam di wilayah hukum Polres Lahat.
Kamis 9 Maret 2023

Saat dimintai keterangannya Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi MM jum’at (10/3/2023? pagi

“menyebutkan Personil yang berangkat
Sat Brimob Polda Sumsel Danyon B Brimob Lubuklinggau AKBP ANDIYANO, S.K.M.terdiri dari
48 Pers Bataliyon B
9 Pers Sat.Brimob
5 Unit R6 2 Unit R4
1 Unit Ranpurlap Dapur Lapangan dan
02 Unit HT Hytera” ujarnya

Kemudian dari Direktorat Lantas Polda Sumsel 2 Pers
1 Unit R4 Patwal dan
1 Unit HT Hytera,serta
Polres Pagar Alam
Kanit Samapta Polres Pagar Alam IPDA EDI
dengan 16 Personel
Dengan 1 Unit Kendaraan R6 dengan
Peralatan 1 Unit HT Motorola DEMPO 3.1 ujarnya

Menurut Supriadi hasil monitoring dan pengecekan Secara umum situasi dalam keadaan aman dan terkendali untuk anggota yang melaksanakan keberangkatan dalam persiapan dan untuk Personil Bataliyon B Lubuklinggau akan dipimping langsung oleh Danyon B Brimob Lubuklinggau AKBP ANDIYANO, S.K.M dan untuk Personil Polres Pagar Alam sudah berangkat menuju lokasi Bencana alam pada pukul 17.30 Wib tambahnya

Supriadi mengakui bahwa, sudah melaksanakan beberapa tindakan dengan menerjunkan hampir seluruh personil jajarannya untuk bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Anggota kami sekarang bekerja sama dengan instansi yang lain berupaya untuk mengevakuasi warga yang kesulitan menuju daerah yang aman dan menyelamatkan barang barang berharga masyarakat dengan menggunakan perahu karet “, katanya

Selanjutnya, polres Lahat juga mengerahkan bantuan kepada polsek polsek.sekitar tempat dilanda musibah untuk mengirimkan bantuan personel Saat ini mereka dalam perjalanan, mudah-mudahan mereka bisa menambah kekuatan personel polri yang ada di lapangan untuk bersama membantu masyarakat yang terkena dampak banjir”, ujarnya.

Supriadi uga mengatakan bahwa, pihaknya sudah mendirikan tenda-tenda darurat yang akan dipergunakan oleh masyarakat yang saat sekarang rumahnya masih terendam air.
“Ada dua titik yang sudah kami siapkan, yang pertama di lapangan desa lubuk Sepang di dirikan dua tenda dan saat ini sudah menyiapkan tempat yakni aula dan beberapa tenda”, tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan didirikan tempat tersebut, kita bisa menampung warga masyarakat yang terkena dampak banjir supaya mereka bisa mendapat tempat yang layak sementara, sambil menunggu debit air yang nantinya akan turun”.

Supriadi menambahkan Polda Sumsel selalu siap membantu untuk tanggap bencana kita doakan rekan rekan tetap semangat dan sehat selalu untuk masyarakat yang terkena musibah tetap.sabar dan semoga senantiasa dalam perlindungan allah swt tutupnya.(*)

#poldasumsel #humaspoldasumsel #polresmuaraenim

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *