Mengajar Membaca Dan Menulis Merupakan Upaya Membantu Meningkatkan Pendidikan

Barometer99– Sorong Papua Barat – Upaya Pemerintah dalam menurunkan angka buta aksara Babinsa Koramil 1802-02/Sorong Barat. Serka Fatkur. R mengajar membaca dan menulis kepada 20 anak warga binaan yang bertempat di Tanjung Kasuari Distrik Maladumes. Senin, (08/08/2022).

Dengan memberantas Buta Aksara, selain butuh komitmen juga dibutuhkan kesabaran.Sabar jadi kata kunci utama buat gerakan berantas buta aksara. Karena sebagian besar orang yang buta huruf, pasti sudah terlalu lama tidak mengeja kata-kata, tangannya kaku untuk menulis. Bahkan hati dan pikirannya terlalu jauh dari “bacaan”. Memang harus sabar agar bisa berantas buta huruf,”ujar Babinsa.

Menurut Wakil Komandan Koramil 1802-02/Sorong Barat Kapten Inf Samuel Tamaela,strategi untuk menuntaskan buta aksara beberapa tahun terakhir ini difokuskan pada daerah tertinggal dan terluar karena daerah tersebut sulit dijangkau terutama di masa pandemi. berharap,masa krisis ini menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk menunjukkan keberpihakannya terhadap peningkatan literasi.

“Daerah sulit dijangkau yang harus diperjuangkan, kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk menyukseskan pemberantasan buta aksara di Indonesia,” imbuhnya.

(Tim/Red)

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *