Bappenas Lakukan Studi Banding ke Ibu Kota Baru Mesir

Barometer99– Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa beserta jajarannya melakukan studi banding ke Ibu Kota Baru Mesir yang disebut New Administrative Capital, Rabu (2/6/2022).

Berdasarkan informasi yang diterima, terdapat beberapa hal yang akan digali dan dipelajari dalam kunjungan tersebut. Pertama, Bappenas ingin menggali terkait fokus tahapan pembangunan New Administrative Capital serta infrastruktur pendukungnya dalam rentang waktu 2015-2022.

Kedua, terkait jumlah kebutuhan pendanaan untuk pembangunan dan pemindahan New Administrative Capital di setiap tahapan dan dukungan anggaran pemerintah untuk setiap tahapannya.

Ketiga, realisasi investasi yang telah dikeluarkan dan sumber pendanaannya. Keempat, terkait status tanah di New Administrative Capital di Mesir

Kelima, Bappenas ingin menggali terkait kelembagaan pengelola di New Administrative Capital di Mesir yang meliputi tugas dan fungsi ACUD (Administrative Capital for Urban Development).

Keenam, menggali bagaimana bentuk dari insentif yang diberikan pemerintah Mesir kepada ASNnya serta bagaimana mengorganisir perpindahan ASN, kantor pemerintahan, serta mitra diplomatik.

Ketujuh, menggali bagaimana kontribusi swasta dalam pembangunan New Administrative Capital serta progress pergerakan pertumbuhan ekonomi di New Administrative Capital.

Sebagai informasi, Mesir telah melakukan pemindahan ibu kota sebanyak 28 kali. Kairo sendiri telah menjadi ibu kota sejak tahun 969 masehi.

Proyek New Administrative Capital/NAC ini diumumkan pada Maret 2015 oleh Menteri Perumahan Mesir yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri. Proyek ini merupakan bagian dari “Visi Mesir 2030” dan salah satu dari 14 mega proyek di bawah Presiden Abdel Fattah Al Sisi.

Kamis, 2 Juni 2022
Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas
Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:
Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa
Twitter Menteri PPN: @Suharso_M
Facebook Menteri PPN: Suharso Monoarfa

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *