TMMD 119 Kodim 0401/Muba, Satgas dan Warga Bangun Tembok Penahan Tanah

Suasana gotong royong Satgas TMMD Kodim 0401 Muba dan warga membangun Tembok Penahan Tanah, Jum'at 1 Maret 2024, (foto.Ist).

MUBA – Barometer99.com Puluhan personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 119 Kodim 0401/Muba, tak kenal lelah melanjutkan pekerjaan sasaran fisik pada program terpadu dan lintas sektoral yang mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” di Desa Mandala Sari, Kecamatan Lalan, Kabupaten Muba, Jumat (01/03/2024).

Tidak hanya mengerjakan sasaran fisik, para prajurit ini juga melaksanakan berbagai pekerjaan sasaran non fisik program TMMD ke- 119 Kodim 0401/Muba yang akan berlangsung hingga 20 Maret mendatang.

Seperti terlihat pada hari ini, bersama warga masyarakat puluhan anggota Satgas TMMD 119 Kodim 0401/Muba gotong-royong melanjutkan pengerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah atau TPT sepanjang 100 Meter dengan Tinggi 2,5 meter yang berada di Desa Mandala Sari, Kecamatan Lalan. Tak hanya pembangunan Tembok Penahan Tanah Satgas TMMD ke 119 Tahun 2024 Kodim 0401/Muba juga dalam waktu yang sama melaksanakan pembangunan Penimbunan tanah, Pembuatan Box Culvert dan Jembatan Komposit.

Baca juga : Satgas TMMD Kodim 0401/Muba Maksimalkan Pengerjaan Badan Jalan

Lettu Chb Arsidi SH selaku Koordinator Lapangan Satgas TMMD 119 Kodim 0401/Muba, mengatakan, pembuatan TPT tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar, mengingat lokasi dibangunnya TPT tersebut rawan longsor.

“Dalam pelaksanaanya, pembuatan TPT ini dikerjakan secara bergotong-royong bersama warga Desa Mandala Sari, Harapanya, aliran air berjalan lancar dan tidak sampai terjadi banjir,” ucapnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait dengan kegiatan program TMMD 119 Kodim 0401/Muba, Pasiter Kapten Arm Indra Wijaya, menyampaikan, dipilihnya Desa Mandala Sari, Kecamatan Lalan, menjadi lokasi kegiatan program TMMD ke- 119 tahun ini adalah berdasarkan survei oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin bersama instansi terkait dengan jajaran kecamatan karena memiliki potensi pertanian dan sumber daya alam untuk dikembangkan. Sehingga, dengan adanya kegiatan program TMMD ini dapat memunculkan terobosan produktif untuk membantu ekonomi masyarakat.

Baca juga : Wow..!! Realisasi PBJT Jasa Parkir Palembang Awal Tahun 2024 Sudah Mencapai 37 Persen

“Kegiatan TMMD ini merupakan bentuk bakti TNI, dan salah satu solusi untuk mewujudkan ketahanan nasional. Harapnya dapat mendorong akselerasi pembangunan, serta membantu tugas pemerintah daerah,” ujarnya.

Selain mengerjakan sasaran fisik, kegiatan TMMD tersebut juga melaksanakan sasaran non fisik berupa Pelayanan Kesehatan, Pelayanan KB-Kes, Pelayanan Posyandu, Pelayanan Posbindu, Penyuluhan Bahaya stunting dan pemberian paket Sembako, Pembersihan Pasar, Kegiatan Olah Raga Bersama, Penyuluhan bahaya Karhutbunla, Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara, Penanaman Pohon, Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Kamtibmas dan Penyuluhan Hukum.

Pihaknya juga berharap kegiatan TMMD ini dapat dijadikan momentum silaturahmi, dalam artian menciptakan sinergisitas yang baik dan solid antara TNI dengan pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat. “Terlebih kita pun berharap, agar apa yang dihasilkan kegiatan program TMMD ini nantinya bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkas Pasiter.

Sumber : Pendim 0401 Muba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *