Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemprov Sumsel Raih Anugerah Parahita Ekapraya Madya dari KemenPPPA RI

PALEMBANG – Barometer99.com Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan secara sistematis serta berkelanjutan. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) mengapresiasi keberhasilan tersebut dengan memberikan penghargaan  Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumsel Henny Yulianti. Penghargaan  diserahkan di Kedoya, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) bagi Pemprov Sumsel ini tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 246 Tahun 2023 tentang Penerima Penghargaan Parahita Ekapraya Tahun 2023, Provinsi Sumatera Selatan mendapatkan kategori Madya.

Baca juga : Puncak HUT Ke- 24, Pj Sekda Apresiasi Peran DWP Dukung Pembangunan Kota Palembang

“Ini menjadi spirit bagi Provinsi Sumsel dan kabar yang membanggakan, dimana Provinsi Sumsel menerima penghargaan kategori Madya, meningkat dari tahun 2021 dengan kategori Pratama,” jelas Henny.

Henny mengatakan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan suatu penghargaan sekaligus bentuk pengakuan yang diberikan kepada pimpinan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Gubernur, Walikota/Bupati atas komitmen, prakarsa dan prestasi yang dicapai dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Dia menyebut evaluasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) memiliki tujuh komponen kunci dalam penilaian yang dilakukan, melalui aplikasi online dan selanjutnya verifikasi lapangan.

Baca juga : Tekan Inflasi Jelang Nataru, Pemprov Sumsel dan TPID Pemkot Palembang Segera Gelar Operasi Pasar

“Ketujuh komponen tersebut meliputi, komitmen politik, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat,” imbuhnya.

Selain Provinsi Sumsel terdapat sembilan Kabupaten/Kota di Sumsel juga menerima penghargaan yang sama dengan kategori Pratama. Kesembilan Kabupaten/Kota tersebut meliputi Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Pagar Alam, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Ilir, Kota Palembang, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

“Ada lima kategori penghargaan APE di 2023 yaitu tingkat Pratama atau Pemula, Tingkat Madya atau pengembang, Tingkat Nindya, Tingkat Utama Peletakan dasar dan Keberlanjutan, serta Tingkat Mentor,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *