Audiensi BPPW Sumsel dengan Pemkot Palembang, Dukung Fungsionalisasi TPS 3R/Bank Sampah

PALEMBANG – Barometer99.com,- Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Selatan menggelar audiensi bersama Pemerintah Kota Palembang terkait pelaksanaan kegiatan operasionalisasi Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) Kartini Puncak Sekuning Palembang 2023, Senin (30/10/2023).

Dalam audiensi kali ini, BPPW Sumsel menjelaskan bahwa Ditjen Cipta Karya akan melaksanakan kegiatan “Fungsionalisasi TPS 3R/Bank Sampah untuk Mendukung Sistem Pengelolaan Sampah di Daerah”.

Audiensi tersebut diterima langsung oleh Asisten II Ahmad Zulinto dan beberapa pejabat lainya.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan meliputi Mengelola sampah dari 200 KK/rumah (mengumpulkan sampah ke TPS 3R/Bank Sampah.

Baca juga : Pernyataan Gibran ‘Tenang Saja Pak Prabowo, Saya Sudah Ada Disini’ Pernyataan Itu Sikap Arogansi dan Overconfidence Dampak dari Keluarga yang Berkuasa

Kemudian mengolah sampah di TPS 3R/Bank Sampah, menyalurkan produk dari TPS 3R/Bank Sampah ke offtaker, dan mengangkat residu pengolahan dari TPS 3R/Bank Sampah ke TPA Sampah).

“Melakukan sosialisasi sistem pengelolaan sampah yang benar pada masyarakat yang dilayani oleh TPS 3R/Bank Sampah, untuk meningkatkan kinerja operasi TPS 3R/Bank Sampah dan mendukung kinerja (overall) sistem pengelolaan sampah di daerah,” ujar Kepala BPPW SumselAchnmad Irwan Kusuma melalui Kasubag TU di Ruang Rapat Setda Pemkot Palembang.

Kemudian juga mengoperasikan TPS 3R/Bank Sampah selama 30 hari kalender, serta membangun mekanisme pencatatan (log book) untuk mengetahui jumlah sampah masuk yang terolah (ton/bulan).

Baca juga : Tingkatkan Iman dan Taqwa, Ratu Dewa Hadirkan Aisyah Dahlan Di Pengajian Ibu-Ibu Se-Kota Palembang

Nantinya jumlah sampah daur ulang & B3 yang diambil oleh offtaker (ton/bulan), jumlah kompos yang dihasilkan dan diambil oleh offtaker (ton/bulan) dan jumlah sampah residu yang diangkut TPA sampah (ton/bulan).

“Sehingga diketahui tingkat keberhasilan penanganan sampah yang terjadi di TPS 3R/Bank Sampah,” ujarnya.

Juga mengundang pimpinan daerah, OPD pengampu, masyarakat, dan media sosial untuk hadir dalam acara puncak HHD-HKD, sebagai upaya untuk memberikan informasi melalui media sosial tentang pentingnya peran TPS 3R/Bank Sampah dalam sistem pengelolaan sampah di daerah, yang didasarkan pada kinerja TPS 3R/Bank Sampah selama pendampingan.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Beri Motivasi Kafilah STQH Tingkat Nasional

Pelaksanaan kegiatan audiensi Hari Habitat sebagai upaya percepatan fungsionalisasi TPS 3R/Bank Sampah di Kota Palembang secara massive.

TPS3R/Bank Sampah atau Tempat Pengelohan Sampah Reduce (Mengurangi sampah sekali pakai) Reuse (Menggunakan kembali produk yang sudah terpakai) Recycle (Mendaur ulang sampah) merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Peran aktif dari pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah akan meningkatkan kesadaran seluruh pihak akan pentingnya pengolahan sampah yang baik dan mengacu pada pola Reduce (Mengurangi sampah sekali pakai) Reuse (Menggunakan kembali produk yang sudah terpakai) Recycle (Mendaur ulang sampah).

“Hal tersebut juga akan mendorong adanya peningkatan peluang ekonomi dalam pengolahan sampah menggunakan pola 3R,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *