Tahun 2024, Bahasa Palembang Jadi Mata Pelajaran SD dan SMP di Palembang

PJ) Walikota Palembang Ratu Dewa saat di wawancarai usai sidang paripurna dengan agenda menjawab pandangan umum fraksi- fraksi pada Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang ke- 24 Masa Persidangan II Tahun 2023, Senin 25 September 2023, (foto.Yon)

PALEMBANG – Barometer99.com,- Pada tahun 2024 pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Palembang bakal ada Mata Pelajaran Bahasa Palembang.

“Pelajaran muatan lokal Bahasa Palembang saat ini penerapannya di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam proses persiapan,”Kata Ratu Dewa,Senin (25/09/2023).

Progresnya saat ini, Kata Dewa, Dinas Pendidikan Kota Palembang telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang untuk mewujudkan Mata Pelajaran Bahasa Palembang.

Baca juga : Ratu Dewa Percepat Penanggulangan Masalah Lampu Jalan di Palembang

“Saat ini kita masih mengurus Administrasinya, Disdik kota Palembang dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama sebagai wujud komitmen bersama dalam melestarikan bahasa Palembang,”ujarnya.

Lebih lanjut Ia jelaskan bahwa, Mata pelajaran muatan lokal tersebut dapat dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan rancangan Perwali tentang pedoman pelaksanaannya diundangkan nantinya selanjutnya kurikulum muatan lokal bahasa Palembang dilaksanakan pada tahun ajaran 2024.

“Ada proses yang harus kita lalui, nanti jika kita terapkan ada hal-hal yang berkaitan dengan melanggar aturan perundang-undangan. Untuk itu, Proses Administrasi kita butuh waktu insyaallah tidak menutup kemungkinan di awal apa 2024 bisa kita terapkan kita laksanakan,”Ucap Ratu Dewa.

Baca juga : Porprov XIV Tahun 2023 Resmi Ditutup, Kabupaten Lahat Tampil Sebagai Juara

Mata Pelajaran Bahasa Palembang tersebut diusulkan oleh Fraksi PKS, Muhammad Ridwan menyampaikan bahwa MTA pelajaran Bahasa Palembang bisa diterapkan disekolah SD maupun SMP agar budaya dan Bahasa Palembang lebih dikenal lagi.

“Misalnya seperti di Bandara, Stasiun begitu wisatawan tiba di Palembang ada penyambutan dengan menggunakan Bahasa Palembang agar budaya seperti itu digunakan seperti daerah luar seperti Jawa mulai dari pakaian adat hingga Bahasa ,”jelasnya.

Sementara, Kata dia, Hal tersebut bagaimana bisa diterapkan diata pelajaran sekolah saja tidak ada. Dengan adanya Bahasa Palembang dalam mata Pelajaran, Ia berharap Budaya Palembang akan lebih terkenal.

“Dalam sistem pendidikan nasional inikan ada, dan hal ini sudah ditunggu oleh Angkasa Pura, tapi memang dari Pemerintah belum ada. Dan jika ga kami inginnya bukan saja mata Pelajaran yang diterapkan akan tetapi lebih baik juga jika digunakan dalam Bahasa belajar -Mengajar sehari-hari,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *