Bahas Pembangunan Ipal, Walikota Palembang Lakukan Pertemuan dengan Pihak Kedutaan Australia

Barometer99.com, PALEMBANG – Guna memastikan terkait kegiatan Palembang City Sewerage Projeck (PCSP) dalam mewujudkan sistem instalasi pengelolaan air limbah domestik, Pemerintah kota Palembang melalui Walikota Palembang, H. Harnojoyo kembali lakukan pertemuan langsung bersama pihak kedutaan Australia di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Selasa (23/05/2023).

Diketahui, pertemuan yang dilakukan tersebut juga dihadiri langsung oleh Dirut Perumda Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya selaku pihak operator pengelola serta Kepala Dinas PUPR Palembang, Akhmad Bastari, Kepala Dinas Perkimtan Palembang, Affan Prapanca, serta Kepala Dinas DLHK Palembang, Ahmad Mustain.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo menjelaskan, bahwa pertemuan tersebut tak lain pembahasan terkait dengan proses pembangunan Ipal, khususnya dalam pemasangan Sambungan Rumah (SR) untuk Pengolahan Air Limbah yang dibangun melalui kegiatan PCSP.

“InsyaAllah kami informasikan untuk penetapan tarif, dan Perda juga kami usulkan ke DPRD, dan pemasangan SR nya insyaallah tahun akan segera dilaksanakan,” singkatnya.

Baca juga : Harnojoyo Buka Jambore PKK Palembang

Sementara itu, terkait tarif serta biaya pemasangan Sambungan Rumah (SR), Dirut Perumda Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya menjelaskan, bahwa akan adanya subsidi total yang diberikan kepada masyarakat kedepan.

Menurutnya, tingkat pemasangan masyarakat untuk SR saat ini masih dinilai rendah. “Rencananya akan di subsidi total oleh pemerintah,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk perbandingan pemasangan SR dalam pengolahan air bersih di PerumdaTirta Musi saat ini berkisar pada 1,5 juta rupiah.

Sementara, lanjut Andi, terkait estimasi pemasangan Sambungan Rumah Tangga untuk pengolahan air limbah berkisar 6 juta rupiah.

“Pemasangan belum terlaksana. Sumber subsidinya dari berbagai sumber, bai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah kota Palembang, termasuk juga Pemerintah Australia,” tutupnya. (*)

Editor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *