Masjid Al Jihad Perum TNI AL Sidoarjo Laksanakan Sholat ‘Idul Adha Dan Bagikan Hewan Qurban

Barometer99– Sidoarjo- Di hari ‘Idul Adha 1443 H/2022 M bertepatan Minggu, (10/07/22) Keluarga Besar Jamaah Masjid Al Jihad Perumahan Jalagriya yang berlokasi di Blok C VII/C VIII Komplek Perumahan Non Dinas TNI AL Candi Sidoarjo melaksanakan sholat ‘Idul Adha dengan Imam dan Khotib KH. Mukhlasin Syah diteruskan penyembelihan hewan qurban.

KH Mukhlasin Syah dari Jambon Porong Sidoarjo dalam khutbahnya menekankan bahwa “Seluruh jamaah sholat ’Idul Adha yang hadir di tempat ini agar kiranya dapat menteladani ketaatan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim yang sudah di contohkan pada bulan Dzul Hijjah untuk melaksanakan Puasa, Haji, Sholat ‘Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban. Kesemuanya itu intinya adalah dalam rangka ketaatan menjalankan perintah Allah SWT” pungkasnya.

Ta’mir masjid Al Jihad Ustadz Kateman mengingatkan kepada jama’ahnya bahwa : “ tujuan dilaksanakan penyembelihan hewan qurban adalah untuk memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, menjadi seorang dermawan, menjadikan rizki barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan menjadi bekal di hari akhir dan memupuk sikap solidaritas sehingga dalam kehidupan di lingkungan Masjid Al Jihad menjadi rukun serta jauh dari sikap tamak.” tuturnya.

Dasar dari penyembelihan hewan qurban tertuang dalam kitab suci Umat Islam Alqur’an surat Ash Shaafaat : 102-107. Yang artinya “ Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata : “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu”Ia menjawab : “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang di perintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya), dan Kami panggillah dia: “ Hai Ibrahim sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”

Secara terpisah Ketua Panitia Penyembelihan hewn qurban Masjid Al Jihad ustadz Jarod Rahmad Basuki, dengan adanya penyembelihan hewan qurban saat ini di harapkan seluruh jamaah dan masyarakat di sekitar masjid Al Jihad akan semakin kompak, bersatu dalam kebersamaan menuju kesempurnaan iman dan taqwanya. Hasil pengumpulan hewan qurban masjid Al Jihad serta masyarakat di lingkungan sekitarnya ini terkumpul sapi 5 ekor dan 9 ekor kambing, kesemuanya hasil hewan qurban menjadi 400 bungkus dan di bagikan kepada peserta Qurban, kepada panti asuhan Darul Aitam, guru ngaji, penjaga makam Islam di desa Kedungkendo, petugas pembersih sampah serta untuk kaum duafa yang hadir di lokasi penyembelihan serta untuk masyarakat sekitar masjid Al Jihad (dar).

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *