Kab Nabire Papua Keluarga Besar Bima Dompu Gelar Halal Bihalal Dengan TNI/Polri Di Kodim 1705/ Nabire

Barometer99– Kab Nabire Papua- Keluarga Besar Bima Dompu dan TNI-POLRI Menggelar “Halal Bihalal” Syawal 1443 Hijriah dengan seluruh Keluarga Besar Bima Dompu yang ada di Kab Nabire Papua dan TNI-Polri, dengan menghadirkan Sudirman selaku kepala suku didampingi Abubakar penasehat keluarga besar Bima Dompu. Dilingkungan Kodim 1705/Nabire Papua, beliau mengatakan Masyarakat Bima Dompu yanga ada di Nabire papua harus bersatu dengan TNI-Polri.

Acara Halal Bihalal ini bukanlah sesuatu yang baru bagi kita semua, rutinitas ini selalu kita laksanakan setiap tahun dan telah menjadi sebuah tradisi, yang terpenting dari semua ini adalah bagaimana kita membangun tali silaturrahmi antara sesama kita sebagai warga Negara yang juga dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia. “Momentum silaturahmi ini harus menjadi awal yang baik untuk saling koreksi dan memperbaiki diri untuk kebaikan masa depan,” ujarnya.

Beliau juga mengajak semua masyarakat keluarga besar Bima Dompu untuk bersama saling mensuport satu sama lain agar kita dapat maju terus untuk mempertahankan kemerdekaan ini dengan pembangunan yang bermartabat dalam konsep tidak keberpihakan bagi masyarakat keluarga besar Bima Dompu agar pembangunan dapat menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat keluarga besar Bima Dompu yang ada di Nabire Papua. Pembangunan adalah tugas kita bersama, tidak hanya milik pemerintah daerah semata. Karena itu, mari kita tidak saling menyalahkan antara satu dan lainnya tapi kita harus saling mendukung sebagai suatu tim kerja yang solid dengan memiliki solidaritas yang tinggi, agar masyarakat keluarga besar Bima Dompu dan kita tidak menangisi hari-hari hidup sebagai warga Negara Indonesia, yang pada akhirnya akan melemahkan semangat nasionalisme kebangsaan kita sebagai warga Negara Indonesia.

Dengan demikian, kita semua mengutuk aksi kekerasan yang akhir-akhir ini sering terjadi di wilayah Nabire Papua yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) dan kelompok-kelompok tertentu. Karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini saya Sudirman selaku Kepala Suku Keluarga Besar Bima Dompu menyerukan kepada semua masyarakat keluarga besar Bima Dompu yang ada di Nabire Papua dari semua denominasi agama di Nabire Papua, untuk tidak terpancing dan terprovokasi dengan apa yang sedang terjadi. Aparat penegak hukum sedang bekerja untuk dapat memberikan rasa aman dan damai di Tanah Nabire Papua sebagaimana yang kita inginkan.

Dikatakan Halal Bihalal ini sebagai sarana atau kesempatan untuk kita saling maaf memaafkan juga dimaksudkan untuk menjalin hubungan silaturrahim antara satu dengan yang lainnya yang pada akhirnya dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan, saling bergandengan tangan dalam membangun tanah Nabire Papua yang kita cintai bersama. “Saya ingatkan kepada kita semua agar dapat mengembangkan sikap keterbukaan, keramahaan dan menjadi penebar kedamaian. Karena melalui Halal Bihalal ini ,kita semua diingatkan bahwa kita sebagai manusia adalah mahkluk sosial yang lemah dan seringkali khilaf dihadapan Allah SWT.” Ujarnya.

Untuk itu, kita harus senantiasa instropeksi diri dan menyadari serta segera memperbaiki. Sebab tidak ada satu manusiapun yang sempurna dihadapan tuhan dan juga tidak ada satu manusiapun yang boleh membandingkan diri dengan sesamanya. Bahwa ia merasa lebih baik dari yang lainnya. Karena itu, dengan merendahkan diri dan saling memaafkan, maka kita beroleh pahala untuk keselamatan yang abadi di akhirat.

Artinya kita bukan saja meminta maaf kepada sesama,Itulah kiranya hikmah yang terkandung dalam Halal Bihalal, sehingga dengan hati yang bersih kita dapat memulai hidup baru yang lebih baik dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga pada momentum yang berbahagia ini, saya berharap agar semangat dan rasa kebersamaan yang telah ada jangan pupus ibarat “nilai setitik merusak nama keluarga besar Bima Dompu” tapi kita harus selalu dan selalu menjaga agar toleransi beragama kita tetap terjalin dengan baik, Ujarnya.(*)

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.