Pangkoarmada III Hadiri Puncak Peringatan Ke-76 Hari Pendidikan TNI AL

  • Bagikan

Barometer99– TNI AL/Koarmada III. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr.(Opsla) yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada III Ny Yuanita Irvansyah, menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan TNI AL Ke-76 Tahun 2022, yang dipusatkan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), di Bumimoro, Jumat 13 Mei 2022.

Upacara militer yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengambil tema “Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut Terus Berkomitmen Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Guna Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh” ini dilaksanakan setelah dua tahun sebelumnya tidak melaksanakan karena Pandemi Covid-19 melanda tanah air.

Selain diisi dengan parade militer, peringatan kali ini juga diwarnai penampilan Rampak Bedug Taruna AAL, Genderang Suling (GS) Taruna AAL, dan tari Reog Ponorogo kolaborasi siswa Kodiklatal dengan para pelaku seni di Jawa Timur.

Hari Pendidikan TNI AL sebagai tonggak kebangkitan pendidikan prajurit Matra Laut yang mengambil momentum kelahiran Sekolah Angkatan Laut (SAL) di Kota Tegal, Jawa Tengah tanggal 12 Mei 1946 yang dikomandani Laksamana III Adam. SAL yang dibuka Presiden RI Pertama Ir. Soekarno dan Moch. Hatta tersebut, dihadiri pula Panglima Sudirman, para menteri, Panglima ALRI Laksamana Muda M. Nasir dan pejabat teras Mabes ALRI lainnya. Walaupun berdirinya SAL pada 12 Mei 1946 yang dijadikan cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan di TNI AL ini, namun resminya peringatan setiap 12 Mei sebagai hari Pendididikan Angkatan Laut (Hardikal), baru digelar setelah dikeluarnya Surat Keputusan Kasal No 729/IV/1977 tanggal 21 April 1977 yang juga sekaligus ditetapkan sebagai hari jadinya Kodiklatal.

Dalam keterangannya, Wakasal menyampaikan bahwa peringatan kali ini merupakan momentum meneruskan membangun sumber daya manusia yang handal dan unggul, dalam rangka menyiapkan untuk mengawaki Alutsista TNI AL yang semakin berkembang. Lebih lanjut Wakasal menyampaikan, Upacara Militer ini merupakan puncak peringatan yang sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa kegiatan, antara lain bakti social, olah raga, ziarah, dan seminar.

Hadir pada acara tersebut, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Agung Prasetyawan, Dankodiklatal Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama TNI AL, serta Forkopimda Provinsi Jatim.(*)

Editor: Msa
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.