Rakor Tingkatkan Kapasitas SDM Satpol PP dan Satlinmas, Aris: Walau Anggaran Minim Kita Harus Tetap Semangat

Barometer99- PALEMBANG,- Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM Pol PP dan Linmas, Satpol PP Provinsi Sumsel gelar Rapat Koordinasi dengan tujuan memperkuat Pol PP dan Satlinmas dalam perlindungan kepada masyarakat.

“Tujuan dari Rakor ini selain untuk mengubah mindset masyarakat yang dulunya disamakan dengan hansip padahal itu tidak, sesuai dengan PP nomor 16 tahun 2018 bahwa Satlinmas itu tugasnya perlindungan bagi masyarakat,”kata Aris Saputra, Kasat Pol pp provinsi Sumsel saat diwawancarai usai membuka rakor di Aula Praja Wibawa, Rabu (22/12/2021).

Ia mengungkapkan bahwa Perlindungan masyarakat ini mencakup banyak hal yang jelas pada intinya keamanan dan ketertiban, sehingga terbentuk lingkungan yang sehat.

“Jangan salah sangka bahwa tugas linmas ini perlindungan masyarakat, ketertiban umum, termasuk lah penanggulangan bencana, kebakaran jadi meliputi tentang kehidupan masyarakat,”jelasnya

Aris Saputra, Kasat Pol PP Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk itu, Satpol PP Provinsi Sumsel mendorong agar Satlinmas ini terbentuk sampai ke desa sehingga nantinya akan menjadi garda terdepan dalam terciptanya kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan demikian kita bekali, kita berikan sosialisasi dan edukasi untuk meyakinkan bahwa tugas dan fungsi nya banyak sekali dan ini bahwa linmas menjadi ujung tombak terdepan sampai ke desa dan kelurahan langsung bersentuhan dengan masyarakat karena Satpol-PP hanya batas kecamatan, dengan dibentuknya satlinmas setiap kelurahan dan desa bisa langsung membantu kepala desa,”kata Aris

Dalam hal ini pihaknya menekankan agar karakter seseorang bisa terbentuk mulai dari mereka mencintai pekerjaannya, dan jangan sampai masyarakat berpikir bahwa Linmas adalah Hansip karena perbedaannya Sangat jauh, tugas dan fungsi hansip itu dibentuk hanya untuk pengamanan dalam pemilu tapi tugas dan fungsi Linmas Sangat banyak mulai dari penyelamatan, perlindungan, bencana kebakaran termasuklah Karhutla.

“Kita tekankan dalam pembentukan karakternya, terutama harus mencintai pekerjaannya karena kita ketahui selama ini orang berpikir linmas adalah Hansip padahal tidak, bahkan dijadikan bahan lawak nah Linmas harus membuktikan bahwa dirinya berbeda dengan Hansip,”tegasnya Kasat

Selain itu juga, dalam rangka menghadapi pemilu 2024 terdapat Zero Kepala daerah maka Linmas akan diterjunkan untuk membantu masyarakat karena mereka yang akan menjangkau sampai ke sudut desa.

“Nanti ketika saatnya pilkada serentak pileg dan pilpres nah Linmas ini mulai dari Provinsi ke desa hingga kelurahan maka akan diperdayakan dan ini juga akan menjadi perioritas karena pengamanan TPS ini ada di linmas,”urainya.

Sejauh ini kata Aris tentu pihaknya ada kesulitan soal anggaran bagi Linmas untuk itu pihaknya akan menggunakan anggaran APBD, kalau untuk di Daerah tentu bisa menggunakan APBDes.

“Yang namanya baru tentunya sulit makanya kita anggarkan melalui APBD kalau untuk desa bisa menggunakan dana Desa, walaupun anggarannya minim tentu kita tidak boleh patah arang tetap harus semangat walau pun belum maksimal kita buat minimal jadi harus ada langkah maju untuk melakukan perubahan,” tutupnya

Penulis: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *