Lanud SMH Palembang Siap Tempur Dalam Latihan Matra Udara II Jalak Sakti, Trisula dan Latihan Cakra A 2024

Foto bersama di sela-sela kegiatan, Sabtu 8 Juni 2024. (Foto.Yon)

PALEMBANG – Barometer99.com Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) siap tempur dalam latihan Matra Udara ll Jalak Sakti, trisula dan latihan Cakra A 2024 hal tersebut di sampaikan langsung oleh komandan Lanud SMHKol Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S., saat menyambut kedatangan Pesawat Tempur di Apron Alpha Lanud SMH, Sabtu (08/06/2024).

Kegiatan tersebut disaksikan oleh Ribuan Masyarakat Palembang dengan antusias dalam acara Open Base.

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kol Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S., mengatakan bahwa pergelaran Open Base ini disela rangkaian Latihan Matra Udara II Jalak Sakti, Trisula dan Latihan Cakra A 2024 yang terpusat di Provinsi Lampung dan saat ini Lanud SMH Palembang menjadi pangkalan aju pesawat tempur.

“Alhamdulillah kita pada hari ini menerima kedatangan 10 pesawat tempur untuk melaksanakan latihan Komando Operasi Udara l di Lampung, Pangkalan TNI Lanud SMH sebagai pangkalan aju untuk melaksanakan latihan,”katanya.

Baca juga: Danlanud Sri Mulyono Herlambang Pimpin Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Menurut Danlanud, Wilayah Lampung yang akan menjadi tempat sasaran guna untuk menguji ketangkasan para penerbang tempur dalam melaksanakan ketepatan menghancurkan.

“Pengeboman di Lampung sama seperti tahun lalu di Palembang tahun ini menjadi lebih besar lagi hari ini saja ada 6 jenis pesawat TNI Angkatan Udara yang beroperasi di Lanud SMH ke Palembang,”ucapnya.

Rencananya kata Danlanud, Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, Dalam latihan ini targetnya adalah pengeboman di Lampung jadi sebelum ke lokasi target, Skadron Pekanbaru dan Skadron Pontianak melakukan investigasi di Lanud SMH Palembang.

“Ada 16 jumlah pesawatnya dan 29 sorty penerbangan dari TNI Angkatan Udara akan berlangsung sampai dengan hari Rabu akan dilakukan latihan first down dinarasikan ada pesawat asing yang tak berizin kita paksa turunkan dengan pesawat tempur kita dilaksanakan investigasi di Lanud SMH ini,”ujarnya.

Baca juga: Momen Penampilan Drum Band CWP Taruna Akademi Angkatan Udara di Lanud SMH Palembang

Komandan Lanud SMH juga mengatakan tujuan open base ini agar warga masyarakat bisa mengenal lebih dekat lagi dengan TNI AU dan diharapkan para remaja kota Palembang bisa bergabung menjadi prajurit TNI AU dan bisa membangun citra TNI AU lebih baik lagi dimasa yang akan datang,”ucap Komandan Lanud SMH.

Sementara Ketua DPRD Provinsi Sumsel H. Anita Noeringhati mengucapkan terimakasih kepada Danlanud Sri Mulyono Herlambang telah bersedia melaksanakan kegiatan langka seperti ini sehingga masyarakat kota Palembang merasa terhibur.

“Kegiatan ini merupakan suatu apresiasi dari pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, karena lapangan udara SMB ll ini dijadikan tempat Armada tempur dan terima kasih juga kepada dan Danlanud yang luar biasa yang telah membawa latihan ini di SMB ll kita bisa lihat animo masyarakat ini juga merupakan suatu event yang jarang mereka lihat atau menjadi pariwisata tersendiri bagi mereka semoga saja event-event seperti ini akan selalu digelar di Sumatera Selatan,”ucapnya.

Sementara Salah satu Pelajar Septa mengaku senang sekali karena bisa melihat pesawat tempur dari dekat semoga event seperti ini lebih sering dilakukan lagi.

Baca juga: 400 KK Terdampak Banjir, Kodim 0404/Muara Enim Siapkan Dapur Lapangan

“Kami senang sekali melihat Pesawat tempur dari dekat, bisa foto-foto apalagi ini pertama kali saya melihat langsung,”ungkapnya.

Dalam Open Base di Lanud SMH diantaranya, 1 pesawat Hercules C-130, 3 pesawat CN , 5 pesawat F-16 Fighting Falcon, 5 pesawat Hawk 109/209, 1 Heli Caracal H 225 M dan 1 Heli Super Puma H-3213.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan lomba photografi dari Asosiasi Profesi Phografer Indonesia (APFI) Sumsel.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua DPRD Provinsi Sumsel Ibu Hj. R. A. Anita Noeringhati,S.H., M.H., Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Aspidmil Kolonel Chk Askari S. H., M.H., Kabagops Binda Kolonel Kav Dosi Syansurizal, Pj. Walikota Lubuk Linggau Bapak H. Trisko Defriyansa dan pejabat Provinsi Sumsel dan kota Palembang lainnya.

Tampak sinergitas Lanud SMH Palembang dengan Forkopimda Provinsi Sumsel bersama dengan warga masyarakat kota Palembang selalu terjaga dengan baik.

Exit mobile version