Polsek Gerung Tangani Dua Peristiwa Pohon Tumbang di Gerung

Barometer99,  Lombok Barat-NTB- Dua peristiwa pohon tumbang terjadi di Kecamatan Gerung pada hari Rabu (13/3/2024), dipicu oleh cuaca buruk berupa angin kencang. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kedua peristiwa tersebut.

Peristiwa pertama terjadi di belakang Asrama Polsek Gerung di Kelurahan Gerung Utara sekitar pukul 10.50 WITA. Pohon jenis randu tumbang dan menimpa asrama kosong yang berada di sebelahnya. Atap asrama mengalami kerusakan, namun tidak sampai ambruk.

Anggota Polsek Gerung segera mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan dan evakuasi. Kemudian juga petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lombok Barat juga turun untuk membantu memotong dan membersihkan pohon tumbang.

Peristiwa kedua terjadi di Jalan Soekarno-Hatta, Dusun Lemokek, Desa Babussalam sekitar pukul 13.00 WITA.

Pohon tumbang menimpa kabel listrik, kabel telepon, dan tembok keliling rumah warga. Arus lalu lintas sempat terhambat akibat peristiwa ini.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Babussalam dan Piket Penjagaan Polsek Gerung langsung turun tangan ke lokasi kejadian.

Petugas dari BPBD dan DLH Kabupaten Lombok Barat juga dihubungi untuk membantu evakuasi.

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi., S.H., S.I.K., M.AP. mengatakan bahwa kedua peristiwa pohon tumbang ini telah mendapatkan penanganan dengan baik.

“Tidak ada korban jiwa dalam kedua peristiwa ini. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk dan pohon-pohon tua yang berpotensi tumbang,” ujar AKBP Bagus Nyoman.

*Langkah Pencegahan*

Kapolres Lombok Barat jua menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Sebagai langkah dalam meminimalisir ancaman akibat cuaca buruk ini.

“Masyarakat diimbau untuk menginformasikan jika ada pohon-pohon tua yang berpotensi tumbang. Tentunya nantinya kami akan koordinasikan dengan pihak terkait. Untuk melakukan penebangan pohon-pohon yang berbahaya, atau melakukan pemangkasan,” imbuhnya.

Selain memberikan himbauan sebagai langkah pencegahan, Kapolres juga menghimbau untuk lebih waspada bila beraktifitas di luar rumah.

Secara unum, penanganan dua peristiwa pohon tumbang di Gerung telah ditangani dengan sigap oleh Kepolisian, melalui jajaran Polsek Gerung. Serta tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *