Rakortek 2024, Statistik Kominfo NTB, bagikan langkah strategis EPSS

Barometer99, Kota Bima-NTB- Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Diskominfo Kabupaten/Kota Se-Provinsi NTB dan melibatkan semua bidang yang ada, membahas isu-isu strategis sekaligus membagikan praktik terbaik yang telah di lakukan.

Kepala Bidang Statistik Provinsi NTB, Drs. H. L. Sastrawiria, MM, sekaligus pemimpin rakortek bidang statistik memaparkan langkah strategis dalam rangka persiapan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) tahun 2024, dan membimbing peserta dalam menyampaikan progres persiapan masing-masing kabupaten/kota terkait EPSS.

“Kami dari Bidang Statistik Kominfo Provinsi NTB menyiapkan langkah strategis EPSS, dan akan kami bagikan untuk teman-teman semua disini” ujar Mamiq Wiria di Aula Bappeda yang berkomplek di kantor Wali kota Bima, Selasa (05/03/2024).

Di waktu berbeda, dalam rapat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lombok Barat, Ahad Legiarto, ST., M.Eng, memaparkan strategi yang berhasil diimplementasikan pada EPSS 2023. EPSS bukan sekadar ajang untuk berlomba mencapai nilai tertinggi, melainkan kewajiban pemerintah daerah terkait penyediaan data yang diperlukan untuk pengambilan kebijakan.

“EPSS bukan sekadar ajang untuk berlomba mencapai nilai tertinggi, melainkan kewajiban pemerintah daerah terkait penyediaan data yang diperlukan untuk pengambilan kebijakan”, jelasnya dalam Rakortek.

Legiarto juga berharap, agar pemerintah daerah di Provinsi NTB dapat terus meningkatkan kerja sama dan saling berbagi pengalaman guna meningkatkan penyelenggaraan statistik sektoral yang lebih baik di masa depan.

“Kami berharap kepada Diskominfo NTB untuk terus bekerjasama dan berbagai pengalaman dengan kami”, ucapnya.

Di akhir Rakortek Bidang Statistik itu di tutup oleh Kepala Diskominfo NTB, Dr. Najamuddin Amy, S. Sos., MM, dengan menekankan bahwa kunci penilaian EPSS adalah komitmen baik dari Tim Penilai Internal maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi sampel dalam proses evaluasi.

“Kunci kesuksesan dari penilaian EPSS ini adalah komitmen baik dari semua elemen baik internal dan OPD”, tutupnya.

Rapat Koordinasi Diskominfo ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi pemerintah daerah di Provinsi NTB untuk terus meningkatkan kualitas dan keterbukaan data statistik sektoral, mendukung proses perencanaan pembangunan yang lebih akurat dan efektif. (Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *