BMPD Sumsel Dorong Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Melalui QRIS

Jalan Santai yang di Gelar BMPD Sumsel, Minggu 10 Desember 2023.

PALEMBANG – Barometer99.com Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumatera Selatan mengadakan Jalan Sehat BMPD Sumsel 2023 di Main Dining Hall, Jakabaring, Palembang pada Minggu, 10 Desember 2023. Kegiatan merupakan salah satu program kerja yang diharapkan dapat memperkuat jalinan koordinasi antar anggota BMPD Sumsel.

Pada tahun ini, kegiatan jalan sehat BMPD Sumsel dilakukan bersamaan dengan upaya perluasan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Melalui tema ”Bersama BMPD Sumsel, Dorong Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Melalui QRIS” dengan tagline #BMPD Sumsel, Sikok QRIS Pacak Galo, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi perbankan anggota BMPD Sumsel untuk mendorong akselerasi digitalisasi pembayaran melalui QRIS.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan sekaligus sebagai Ketua BMPD Sumsel, Ricky P. Gozali mengajak para perbankan untuk dapat membantu percepatan perluasan akseptasi QRIS di Sumsel dengan memperbanyak akuisisi QRIS merchant dan edukasi ke pengguna terkait QRIS.

Baca juga : Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Jelang Nataru, BI Selenggarakan Pasar Murah, cek Lokasinya

Sejalan dengan upaya akuisisi QRIS merchant dan edukasi ke nasabah di Sumatera Selatan, kegiatan Jalan Sehat ini diramaikan oleh berbagai UMKM yang menyediakan transaksi pembayaran menggunakan QRIS dengan harga promo Rp1,-. Hingga Oktober 2023, pengguna QRIS di Indonesia telah mencapai 43,7 juta orang pengguna dan pengguna QRIS di Provinsi Sumatera Selatan telah mencapai 1,2 juta orang pengguna.

Berbagai UMKM yang ikut meramaikan kegiatan jalan sehat juga menyediakan transaksi pembayaran menggunakan QRIS dengan harga promo Rp1,-.

Adapun, jumlah merchant QRIS di Indonesia telah mencapai 29,6 juta merchant dan merchant QRIS di Sumatera Selatan telah mencapai 0,75 juta merchant.

Baca juga : Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah Lewat Hujan Rezeki BSI Mobile

Dalam kegiatan Donor juga dilakukan sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Uang Rupiah untuk meningkatkan literasi peserta tentang Rupiah. Bank Indonesia mengajak para peserta untuk dapat,

  1. Cinta Rupiah, dengan mengenali merawat, dan menjaga uang Rupiah,
  2. Bangga dengan Rupiah sebagai simbol kedaulatan, pembayaran yang sah, dan pemersatu bangsa, dan
  3. Paham dengan fungsi Rupiah dalam bertransaksi dan berbelanja, serta dengan berhemat.

Ke depannya Bank Indonesia bersama dengan BMPD Sumatera Selatan akan terus berkomitmen untuk mendorong akselerasi digitalisasi pembayaran non tunai melalui QRIS di Provinsi Sumatera Selatan serta mengajak masyarakat untuk meningkatkan pemahaman mengenai Rupiah.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Kepala OJK Provinsi Sumatera Selatan, pimpinan perbankan wilayah Sumatera Selatan, dan diikuti 1.000 orang perwakilan pegawai BI, OJK, dan perbankan di wilayah Sumatera Selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *