Berita, TNI  

Dandim 0833 Hadiri Upacara Kelahiran Pancasila Di Pemkot Malang

Barometer99– Malang – Dalam rangka peringatan hari kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni, Pemerintah Kota Malang melaksanakan upacara peringatannya pada pagi hari tadi, Kamis (01/06/2023).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 dengan tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global bertempat di Halaman Balaikota Malang tersebut dihadiri oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pimpinan dan Anggota DPRD kota Malang Kepala OPD kota Malang, Forkopimda Kota Malang serta tokoh-tokoh lainnya yang diundang sebagai tamu dalam upacara tersebut.

Bertindak sebagai Irup Walikota Malang Drs. Sutiaji dan bertindak sebagai Dan UP Dandenpom Lanal Malang Mayor Laut PM Matrokim diikuti sekitar 500 orang.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Walikota Malang, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Falsafah negara kita Pancasila yang ada lima sila antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan, semua akan tertangani jika kekuatan modal kita adalah Tuhan YME.

Untuk itu pendiri bangsa kita mengingatkan sila yang pertama adalah sikap yang besar yang tidak bisa berdiri sendiri. Negara kita didirikan supaya berkeadilan bisa di maknai oleh seluruh rakyat tidak ada mayoritas dan minoritas semuanya terlindungi oleh undang-undang kita semua mereka mendapat perlakuan yang sama dimata hukum di negara kita.

Pancasila dan falsafah Negara Indonesia yang sangat luar biasa. Untuk itu para hadirin semua yang saya jadikan hari lahir Pancasila ini marilah kita jadikan sebagai momentum untuk menyempurnakan kembali nilai-nilai norma berbangsa dan bernegara.

Melalui gotong royong dalam rangka membangun bangsa dan negara karena sesungguhnya Indonesia terpuji dan mampu keluar dari situasi yang sangat sulit karena mempunyai satu sikap yang kuat yaitu kegotongroyongan.

Untuk itu sikap dan mental kita semua seharusnya menjabarkan nilai-nilai Pancasila bukan hanya diucapkan belaka akan tetapi diamalkan dalam perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.

Komandan Kodim 0833/kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H.,M.Han menyampaikan bahwa dengan peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni tersebut harus digunakan sebagai momen pengingat dan momen aktualisasi nilai-nilai pancasila.

“Semangat gotong royong dalam kebinekaan senantiasa kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menempatkan Pancasila sebagai ruh, dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, serta meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” ujarnya.

Ratri/Red

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *