Gubernur Lepas Keberangkatan 360 Orang JCH Keloter Pertama Asal Sumsel Menuju Tanah Suci

Barometer99.com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru secara resmi melepas keberangkatan jemaah calon haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (Keloter) pertama asal Provinsi Sumsel menuju tanah suci pada musim haji 1444 hijriah/2023.

Keberangkatan jemaah calon haji keloter pertama yang diberangkatkan oleh Gubernur Herman Deru dari  Asrama Haji Palembang, Sabtu (27/5)  tersebut  sebanyak 360 orang jemaah dengan daerah asal Kabupaten OKU Timur.

Jemaah asal Sumsel keloter pertama ini diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju tanah suci  dengan menggunakan  pesawat Saudi Arabian Airlines.

Ke 360 orang jemaah calon haji keloter pertama Sumsel tersebut didampingi 5 orang pengawas haji dan tenaga kesehatan. Serta 3 orang lagi merupakan petugas haji daerah (PHD).

Gubernur Herman Deru dalam arahannya kepada jemaah calon haji keloter pertama asal Sumsel tersebut menegaskan, meski Pandemi Covid 19 dinyatakan telah berakhir oleh World Health Organisation (WHO) namun dirinya tetap mengingatkan jemaah untuk  tidak lengah menerapkan protokol kesehatan dalam semua aktivitas prosesi ibadah yang dilakukan selama ditanah suci.

“Suhu udara  di Arab Saudi tentu lebih panas dibanding di Indonesia. Ini semua harus diantisipasi  banyak-banyak minum air putih. Gunakan pelindung diri dari paparan  sinar matahari secara langsung. Dan jangan lengkah tetap terapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, dan mencuci tangan,” harap Herman Deru.

Herman Deru juga mengingatkan jemaah untuk saling membantu antar sesama jemaah  tidak tergantung dengan petugas. Bahkan bagi jemaah yang memiliki ilmu terkait kesehatan agar dapat menularkan dengan sesama jemaah.

“Harapan saya yang punya ilmu kesehatan di kelompok ini ditularkan saja untuk kepentingan bersama, jiwa gotong royong dan kerukunan kita pererat selama ibadah, saling menjaga satu sama lain,” imbuhnya.

Khusus bagi petugas, Herman Deru menekankan agar  para pengawas untuk menjalankan tugas secara ekstra mengingat 65 % jemaah calon haji asal Sumsel kali ini didominasi oleh jemaah lanjut usia (Lansia).

“Tanda pengenal atau ciri khas kita jangan sampai hilang. Saling ingatkan satu sama lain. Saya sarankan setiap id card tanda pengenal dicantumkan nomor HP yang bisa dihubungi karena di sana itu akan sangat ramai. Jutaan orang dari berbagai negara menunaikan ibadah haji, apalagi jemaah kita ini mayoritas lansia. Saya minta pengawas lebih jelih mengawasi para jemaah,” pintanya.

Selama di tanah suci jemaah diharapkan Gubernur Herman Deru fokus  dengan niat awal yakni beribadah agar mendapatkan predikat haji mabrur dan mabruroh.

“Untuk jemaah haji Saya juga titip doa agar kita semua sehat, kembali dengan selamat ke tanah air.  Doakan daerah kita ini agar tetap aman dan kondusif dan  juga doakan saudara-saudara kita yang lain segera  menyusul menunaikan ibadah haji,” harapnya.

Membludaknya jemaah calon haji asal Sumsel lanjut Herman Deru tidak lain salah satu faktor penunjangnya adalah sekian membaiknya ekonomi masyarakat di Sumsel.

Baca juga : 10 Pesawat Tempur Landing di Lanud SMH, Siap Bombardir Provinsi Babel

“Kita bangga kuota haji di Sumsel terus mengalami peningkatan. Ini karena ekonomi kita di Sumsel ini meningkat sehingga banyak masyarakat kita yang mampu untuk berangkat menunaikan ibadah haji,” tandasnya.

Sementara itu Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sumsel,  Syafitri Irawan menyebut kuota haji di Sumsel tahun 2023 mencapai 7012 jemaah, yang terdiri dari 115 Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) dan Tim Pemandu Haji (TPHI) Tenaga Kesehatan Haji (TKH), Pembimbing KBHU, serta 36 orang PHD.

“Embarkasi Palembang akan memberangkatkan jemaah haji asal Sumsel dan Bangka Belitung sebanyak 23 kelompok terbang atau kloter, dengan pesawat Saudi Arabian Airlines,” jelasnya.

Syafitri Irawan menyebut, kloter pertama  diberangkatkan, Sabtu 27 Mei 2023 dan keloter terakhir akan diberangkatkan pada  tanggal 22 Juni 2023.

“Terima kasih Pak Gub telah merenovasi fasilitas di asrama haji  Sumsel sehingga para jemaah merasa nyaman selama di sini,” tandasnya.

Turut hadir  dalam kesempatan tersebut, Deputy Founding dan Transaction Bank Syariah Indonesia (BSI) Kanwil RO3 Sumsel, Imsak Ramadhan, dan para pejabat lainnya  lingkunga Pemprov Sumsel. (*)

Editor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *