Antisipasi Kemacetan Menjelang Lebaran, Kapolres Minta Kepada Kadivre III Palembang – PT. KAI Untuk Mengatur Ulang Perubahan Pola Operasi Kereta Api

Barometer99– Dalam menghadapi arus mudik menjelang Idul Fitri 1444 H / 2023 M, Polres Muara Enim mewaspadai beberapa lokasi rawan macet terutama di pintu perlintasan Kereta Api  akibat aktivitas tingginya angkutan batubara yang diangkut melalui jalur Kereta Api.

Komplin masyarakat yang berulang terkait kemacetan panjang kendaraan R4 maupun R2 puluhan Kilometer, apalagi ini mendekati arus mudik lebaran Idul fitri 1444 H yang disebabkan tingginya volume melintas kereta api baba ranjang seperti Perlintasan sebidang Kereta api yang berada di Simpang Belimbing Desa Cinta Kasih  Kec. Belimbing Kab. Muara Enim dan Perlintasan sebidang kereta api di Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH menerangkan bahwa pihaknya sudah mengkonfirmasi kepada pihak PT. KAI dalam hal ini bpk. Yuskal Setiawan selaku Kadivre III Palembang untuk mengatur ulang jadwal keberangkatan dan melintas kereta api batu bara rangkaian panjang (babaranjang)

 

“Kasian masyarakat yang menggunakan jalan raya harus terdampak tiap hari, karena kelamaan ditutup palang pintunya karena menunggu kereta api babaranjang yang akan melintas dan pada saat melintas,”ucap Kapolres Muara Enim.

Petugas Palang Pintu Kereta Api ketika diwawancarai siang tadi oleh Anggota Sat Lantas Polres Muara Enim memberikan tanggapan bahwa dalam satu jam Kereta Api melintas 9 kali, berarti analisa kita lebih kurang lebih 6 menit sekali Kereta Api ada yang melintas dan palang pintu harus ditutup.

Akibat padatnya arus jalur kereta api batu bara rangkaian panjang, menimbulkan kemacetan yang cukup panjang berpuluh – puluh kilometer, sehingga para pengguna jalan raya pada saat pintu perlintasan kereta dibuka para pengguna jalan akan saling serobot untuk mendahului.

Seperti kejadian tadi siang antrian panjang sebelum melintas Rel Kereta Api, tiba – tiba bunyi sirine pertanda pintu perlintasan di turunkan kembali sehingga memperparah kemacetan yang cukup panjang.

Kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati hati dan tidak saling mendahului pada perlintasan sebidang kereta api. Kami juga sudah menurunkan anggota ke lapangan untuk mengurai kemacetan setiap hari, dan sekali lagi kami mohon PT. KAI harus peduli & bertanggung jawab terkait peristiwa ini untuk mencari solusinya, jangan masyarakat menerima dampak kemacetannya setiap hari.(*)

#poldasumsel #humaspoldasumsel #polresmuaraenim

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *