Berita  

Jum’at Curhat, Kapolres Sumbawa Silahturrahmi Dengan Warga Desa Rhee

Barometer99- Sumbawa – NTB. Jum’at curhat, Kapolres Sumbawa melakukan kegiatan silaturahmi dengan masyarakat desa Rhee Kecamatan Rhee bertempat di aula kantor desa Rhee Kecamatan Rhee, Jum’at, 20/1/23.

Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chandra, S.I.K., M.H, menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang sangat hangat oleh warga Desa Rhee.

“strategi Polri dalam memelihara Kamtibmas yakni dengan memperkuat sinergitas dengan seluruh pihak serta bersama-sama bertanggung jawab dalam pelaksanaanya”, tuturnya.

Sedangkan dalam aspek penanganan konflik Horizontal maupun Vertikal, jelas Kapolres, dapat dilakukan sinergitas dengan beberapa pihak sehingga terdapat kesepakatan yang diharapkan dalam komunitas sedangkan penanganan konflik laten memerlukan kehati-hatian namun tercipta situasi yang kondusif.

Kapolres berharap pada para tokoh untuk memberikan peran yang dapat diterima oleh kedua belah pihak sehingga suasana yang berkonflik dapat teduh dan tidak menimbulkan persoalan baru kembali.

Terkait dengan pengaduan yg diadukan oleh Masyarakat, kata Kapolres, kepolsek harus mendapat output dari permasalahan tersebut baik yang melalui panel atau penyelesaian diranah persidangan dan melalui Musyawarah atau Restoratif Justice (RJ) terhadap perkara-perkara tertentu.

 

Dengan adanya permasalahan yang dialami aliran krisna yang terjadi di Kecamatan Lunyuk agar para tokoh agama dapat memberikan pemahaman yang sesuai bahwa aliran tersebut tidak sesuai dengan kondisi saat ini atau dilarang keberadaannya.

Kapolres berharap kepada para tokoh agama yang lebih memahami terkait dengan adanya permasalahan yang timbul akibat perbedaan keyakinan agar dapat diberikan pemahaman kepada yang bersangkutan untuk menghindari agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

“desa Rhee dalam keadaan aman dan kondusif atas kerja sama atau sinergitas dengan seluruh lapisan dan Kecamatan Rhee menjadi acuan bagi Kecamatan lain serta menjadi tempat yg lebih baik”, ujar Kapolres.

Tujuan kegiaatan kegiatan Program Polri Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Kapolres Sumbawa bersama Para Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda di Desa Rhee, jelas Kapolres, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada warga secara langsung untuk menyampaikan keluh kesah dan saran dalam memelihara Kamtibmas.

Sementara itu,  kepala desa Rhee Edy Firmansyah, SH, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolres Sumbawa yang telah berkenan hadir di Desa Rhee dan bersilaturrahmi dengan warga Masyarakat Desa Rhee.

“Desa Rhee terdiri beragam warga dengan latar belakang agama dan suku yg berbeda-beda”, ujar kades.

Kades berharap kepada para tokoh yang hadir dalam Kesempatan Jumat Curhat agar warga Masyarakat dapat menyampaikan harapan-harapan kepada Bapak Kapolres yang siap menerima keluh kesah warga.

“sinegitas dengan Bapak Kapolsek dan Anggota telah terjalin sangat baik sehingga kondisifitas wilayah Desa Rhee dapat terpelihara”, pungkas kades.

Turut  hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chamdra, S.I.K., M.H, Kasi Humas Akp Sumardi. S.Sos, Kasat Binmas (Iptu Abdul Muis Tajuddin, Kapolsek Rhee (Iptu Nurwakit. SH, Kepala Desa Rhee (Edy Firmansyah. SH, Personil Sat Binmas dan Polsek Rhee, Para Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda Desa Rhee yang berjumlah swkiyar 35 Orang.

Syf.

Exit mobile version