Dandim 0732/Sleman Kunjungi Kampung Mina Padi

Barometer99-Sleman — Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Arm Danny A.P Girsang, S.Sos.,M.Han didampingi Danramil 03/Turi Kapten Arm Wahyu Kuncoro melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Kampung Mina Padi yang ada di Padukuhan Samberembe Kalurahan Candibinangun, Kapanewon Pakem Sleman,Rabu (11/1/2023)

Kedatangan Dandim bersama Danramil tersebut langsung disambut dengan ramah oleh Ketua Kelompok Kampung Mina Padi Bapak Timbul dan tiga orang perwakilan Kelompok Tani.

Awal penyambutanya tersebut, Timbul yang merupakan ketua kelompok tani menjelaskan, Konsep yang diusung adalah Kampung Mina Padi. Niat serius warga mewujudkan gagasan diawali saat menjadi tuan rumah Pekan Daerah Petani Nelayan Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) tingkat DIY pada pertengahan 2019 silam.

Pasca agenda forum pertemuan petani nelayan tersebut, kelompok sadar wisata (pokdarwis) Kampung Mina Padi Samberembe kemudian dikukuhkan ”Kampung mina padi disini juga diisi kuliner dengan konsep persawahan, outbond, edukasi pertanian dan perikanan, homestay, dan oleh-oleh hasil perikanan,”katanya.

Sedangkan pada obrolan santainya tersebut Dandim 0732/Sleman Letkol Arm Danny juga mengapresiasi kerja keras masyarakat Samberembe yang masih tetap mempertahankan lahan pertaniannya untuk komoditi tanaman pangan atau tidak mengalihfungsikan lahannya.

Selain itu, ia juga mengucapakan rasa terimakasih kepada masyarakat Samberembe yang telah berusaha untuk berinovasi dengan memanfaatkan lahan pertaniannya dengan cara melakukan budidaya ikan dilahan (padi) yang sama atau disebut dengan nama “Mina Padi”.

“Semoga kegiatan ini berdampak positif terhadap perolehan penghasilan bagi Kelompok Tani Kampung Mina Padi.Kedepannya pula kegiatan Mina Padi seperti ini juga harus diterapkan kepada Kelompok Tani lainnya. Karena bentuk motivasi ini dapat meningkatkan penghasilan serta menguatkan struktur perekonomian masyarakat pada sektor tanaman pangan Padi dan Budidaya Ikan,” Cetusnya.(mg)
Pendim 0732/Sleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *