Pesan “Sekali Lihat” Tak Bisa di Screenshot, Fitur WhatsApp Terbaru Semakin Canggih

Barometer99– WhatsApp telah melakukan sejumlah pembaruan beberapa minggu terakhir, dengan mempersiapkan kehadiran fitur-fitur yang lebih menarik, diketahui tengah mempersiapkan fitur View Once atau “Pesan sekali lihat”.

Aplikasi whatsApp selaku aplikasi perpesanan memang diharuskan untuk selalu menjaga privacy dari penggunanya.

Fitur yang awalnya hanya berlaku untuk foto dan video, akan diterapkan juga untuk pesan teks. Seperti fitur View Once untuk foto dan video, pesan teks sekali lihat juga akan terhapus secara otomatis sesaat setelah dibuka.

Dikabarkan bahwa tentu harus ada inovasi fitur baru dari WhatsApp untuk menambah rasa kepercayaan penggunanya. Melansir WABetaInfo, WhatsApp dikabarkan akan menambahkan fitur “Sekali Lihat” untuk pesan teks antar pengguna.

Setelah dilihat, pesan teks itu akan menghilang dari obrolan dan tidak dapat dibaca lagi, kecuali pengguna meminta pengirim pesan untuk mengirim ulang pesan.

Seperti apa fitur “Sekali Lihat” tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah!

Fitur “Sekali Lihat” akan membantu pengguna untuk lebih menjaga privacy obrolan mereka dengan pengguna lain. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat mengatur agar pesan mereka hanya bisa dilihat satu kali saja sebelum pesan tersebut terhapus otomatis.

Fitur tersebut bisa digunakan oleh pengguna untuk mengirim pesan yang sifatnya rahasia. Contohnya ketika mengirim pesan terkait kata sandi, informasi pribadi, dan sebagainya.

Pesan “Sekali Lihat” tak bisa di-screenshot

Kalimat tersebut memang wajar untuk kita utarakan. Mengingat memang ada fitur screenshot di gawai masing-masing orang. Namun, pihak WhatsApp juga telah mengantisipasi langkah tersebut. WhatsApp menegaskan bahwa pesan yang dikirim dengan fitur “Sekali Lihat” tak akan bisa di-screenshot.

Saat kita mencoba untuk menangkap layar dari pesan yang dikirim menggunakan fitur “Sekali Lihat”, akan muncul notifikasi bahwa kita tak bisa meng-capture layar tersebut. Notifikasi tersebut berbunyi “Cannot capture screenshot. The page contains personal information”.

Sejatinya fitur “Sekali Lihat” ini bukan merupakan fitur yang baru bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini sudah terlebih dahulu hadir untuk pengiriman “media” di WhatsApp sejak 2021 silam. Pengguna yang mengirimkan media seperti foto atau video bisa mengatur agar media yang dikirim hanya bisa dilihat sekali saja.

Fungsi fitur ini untuk teks dan media kurang lebih sama, membatasi pesan agar hanya bisa dibuka dan dilihat sekali saja. Jika lawan bicara kita ingin membuka kembali media yang sudah dia buka sebelumnya, maka akan muncul notifikasi “Pesan ini sudah kadaluwarsa”. Dengan begitu, privacy antar pesan jadi lebih terjaga.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang fitur terbaru WhatsApp yang bisa kamu nikmati pada perangkat smartphone yang kamu miliki. Agar fitur tersebut bisa berjalan dengan baik, kamu perlu meng-upgrade ponsel pintar kamu dengan sistem operasi yang memadai. (*)

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *