Berita, TNI  

Pemeriksaan IVA dan Sosialisasi Sadari di Posyandu Yonif Raider 300/Bjw

Barometer99– Cianjur – Kegiatan pemeriksaan IVA Test dan sosialiasai Sadari merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan untuk deteksi dini dan menambah pengetahuan tentang bahaya kanker rahim dan kanker payudara.

Hal tersebut yang disampaikan Ketua Persit KCK Cabang XLIII Yonif Raider 300/Bjw Kodam III Siliwangi, Ny. Afri Swandi Ritonga dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Jumat (14/10/2022)

Dijelaskan Ketua Persit KCK Yonif Raider 300/Bjw Kodam III Siliwangi, Tujuan pemeriksaan IVA dan Sosialisasi Sadari atau periksa payudara sendiri adalah untuk mengetahui secara dini adanya kelainan pada leher rahim dan payudara sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya stadium lanjut dan bisa mendapatkan intervensi pengobatan secara cepat pada saat kelainan pada leher rahim dan payudara tersebut masih dalam stadium awal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 80 ibu-ibu Persit Yonif Raider 300/Bjw yang sangat antusias mengikuti pemeriksaan dengan rela antri menunggu giliran untuk diperiksa oleh para bidan dari Puskesmas Karang Tengah yang sudah profesional dibidangnya.

Dalam pelaksanaannya, dipimpin langsung oleh dr. Nenden yang kesehariannya bertugas sebagai Kepala Puskesmas Karang Tengah Cianjur,
Dalam keterangannya menjelaskann bahwa pemeriksaan IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat dilaksanakan dengan cara meneteskan asam astetat ke leher rahim, perubaham warna akan menunjukan ada atau tidaknya masalah pada leher Rahim.

Dalam pelaksanaan sosialisasi Sadari, Lettu Ckm dr. Bayu Indra Utama yang menjabat sebagai Dokter Yonif Raider 300/Bjw menyampaikan bahwa kanker payudara merupakan salah satu kanker dengan persentase kejadian cukup tinggi dan menjadi salah satu penyebab kematian akibat kanker, karena hampir sebagian besar pasien kanker payudara tidak menyadari munculnya penyakit pada saat masih dalam stadium awal. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi, sebetulnya kanker bisa kita laksanakan terapi dengan hasil prognosa cukup baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Para Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIII Yonif Raider 300/Bjw, Lettu Ckm dr. Bayu Indra Utama, Kepala Puskesmas Karang Tengah Cianjur, Bidan dari Puskesmas Karang tengah Cianjur, Bidan Siska Tarigan dari Poskes 03.10.08 Cianjur dan para anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIII Yonif Raider 300/Bjw.

Ketua Persit Yonif Raider 300/Brajawijaya berharap dengan dilaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA dan Sosialiasai Sadari dapat menambah pengetahuan tentang penyakit kanker rahim dan payudara sehingga dapat menekan jumlah ibu-ibu khususnya di lingkungan Yonif Raider 300/Bjw yang terkena penyakit tersebut.

Pen Yonif Raider 300/Bjw Lettu Inf Dody Suyono

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *