Berita, TNI  

Kodim 1013/Mtw Gelar Lomba Sumpit Dalam Rangka Memeriahkan HUT TNI Ke – 77 Tahun 2022

Barometer99– BARITO UTARA – Kodim 1013/Mtw gelar kegiatan lomba sumpit tingkat pemula SD, SMP, SMA/Sederajat dan Mahasiswa yang akan berlangsung selama 3 hari kedepan dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke – 77 Tahun 2022 sekaligus melestarikan budaya, tradisi leluhur dayak. Kegiatan bertempat di lapangan Apel Makodim 1013/Mtw Jln. Ahmad Yani Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Selasa (11/10/22)

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Kab. Barito Utara Sugianto Panala S.H, Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana, S.I.K, Seketaris Daerah Drs. Muhlis, Dandim diwakili Pabung Kodim 1013/Mtw Mayor Inf Heru Widodo, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh, yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara, yang mewakili Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, Ketua DAD Kab. Barito Utara Drs. Jonio Suharto M.IP, Se Pasi Kodim 1013/Mtw, Guru-guru Pendamping dari masing-masing sekolah, serta Anggota Kodim 1013/Mtw.

Sebagai koordinator kegiatan yakni Danramil 1013-06/Lahei Lettu Inf Heri Suryadi dan Danramil 1013-02/Montallat Peltu Gunawan.

Peserta lomba sumpit tingkat pemula SD, SMP, SMA/Sederajat dan Mahasiswa yaitu SMAN 1 Muara Teweh, SMAN 2 Muara Teweh, SMAN 4 Muara Teweh, SMKN 1 Muara Teweh, MAN 1 Muara Teweh, SMPN 1 Muara Teweh, SMP Santa Maria Muara Teweh, SDN Melayu 5 Muara Teweh, SDN Melayu 10 Muara Teweh dan SD Santa Maria

Sambutan Dandim 1013/Mtw sekaligus pembukaan yang dibacakan oleh Pabung Kodim 1013/Mtw Mayor Inf Heru Widodo menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas terselenggara kegiatan ini.

“Menggelorakan kembali olahraga tradisional adalah salah satu produk budaya lokal yang harus kita lestarikan, ini tentunya akan menggugah kembali kesadaran kita bahwa betapa pentingnya menggali, memelihara dan melestarikan budaya bangsa sebagai kearifan lokal yang dapat memperkuat jati diri kita di tengah peradaban modern dewasa ini,” ungkapnya

“Lomba sumpit tingkat pemula SD, SMP, SMA/Sederajat dan Mahasiswa ini tentunya akan memberikan ruang kepada para pencinta olahraga tradisional yang nantinya diharapkan akan melahirkan bibit-bibit atlet yang berpotensi dan berprestasi,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutanya Pabung 1013/Mtw mengucapkan selamat bertanding, selamat berkompetisi secara sehat dan selalu menjunjung tinggi sportivitas, junjung selalu rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan,” tandasnya.

Waway salah satu guru pendamping dari SMAN 2 Muara Teweh menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1013/Muara Teweh yang mana telah mengadakan lomba Sumpit pada tingkat pelajar. Dengan demikian para pelajar dapat mengenal senjata nenek moyang kita suku dayak yakni Sumpit,”Ujarnya.

“Dirgahayu TNI ku semoga semakin bertambahnya usia, TNI tambah Profesional dan semakin dicintai rakyat,”Tutup.

(Pendim 1013/Mtw)

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *