Lanting Pancasila Ramaikan Launching Desa Hulu Banyu Sebagai Kampung Pancasila

Barometer99– KANDANGAN – Bertempat di obyek wisata gunung Kantawan dan di tepi sungai amandit nan sejuk dan penuh pesona tepatnya di Desa Hulu Banyu Kecamatan Loksado dilaksanakan launching Kampung Pancasila dengan ditandai pemotongan pita bersama Dandim 1003/Hulu Sungai Selatan Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M., Kapolres Yang diwakili Oleh Kasat Bimas Iptu Samsi dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata HSS Drs. Efran, M.AP.

Kegiatan ini merupakan proyek pengamalan sila-sila dalam pancasila sekaligus untuk merajut Bhineka Tunggal Ika mulai dari bawah. Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, dimana nilai trsebut telah berkembang menjadi dasar dan merupakan karakter dari masyarakat Indonesia, ungkap Dandim dalam sambutannya.

Letkol Wedie juga berharap melalui kampung pancasila msyarakat dapat melestarikan nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila guna mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, tambahnya.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Camat Loksado, Camat Padang Batung, Perwakilan Kesbangpol HSS, Kepala Desa Hulu Banyu dan masyarakat setempat tersebut juga menghadirkan tarian penyambutan tamu kehormatan yang dipersembahkan oleh Sanggar Seni dan Budaya Kecamatan Loksado.

Sementara itu Kepala Disporapar HSS Drs. Efran pada kesempatan berbeda mengungkapkan sangat mensuprort kegiatan launching kampung Pancasila di Desa Hulu Banyu tersebut.

“Kampung Pancasila Desa Hulu Banyu ini menggambarkan lokasi strategis pengembangan kawasan wisata nasional, kawasan Loksado ini memang msyarakatnya benar-benar welcome, Bermasyarakat dan berbangsa dan bernegaranya menjadi jaminan bahwa kalo orang berwisata ke Loksado tak perlu khawatir, karena masyarakatnya ramah, toleransi”

“Melalui kegiatan kampung Pancasila akan tergambar kegiatan kehidupan yang bagus, baikk gotong royong, toleransi, kepedulian dan apa yang menjadi nilai-nilai dari Pancasila akan bisa dilihat disini” tambah Drs. Efran

Diakhir kegiatan launching kampung Pancasila seluruh tamu undangan didaulat untuk melihat parade lanting Pancasila yang dinaiki oleh anak-akan sekolah dengan melambaikan bendera merah putih dengan meneriakkan semangat Pancasila dari atas rakit bambu yang tengah melaju diatas sungai amandit.

@pendim1003

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *