Pertamina EP Limau Field dan Polsek Rambang Dangku Gagalkan Upaya Ilegal Mining

Barometer99, Muara Enim | Pertamina EP (PEP) Limau Field bekerja sama dengan Polsek Rambang Dangku berhasil menggagalkan upaya illegal mining di sumur 178 (non aktif) milik PEP Limau Field, yang berlokasi di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, dengan cara merusak kepala sumur.

Para pelaku berhasil ditangkap pada Selasa, 23 November 2021. Upaya penangkapan bermula dari tim pengamanan PEP Limau Field yang mendapat informasi aktivitas illegal mining sekitar pukul 08.00 WIB. Tim pengamanan segera memastikan kebenaran informasi di lapangan dan kemudian berkoordinasi dengan Polsek Rambang Dangku sekitar pukul 10.00 WIB.

Penangkapan dipimpin oleh Kapolsek Rambang Dangku, AKP. Sofyan Ardeni,S.H.,S.Ik., didampingi Security Staff Regional Sumatera Zona 4, Mayor POM Saeful Rohman dan Danru Security PEP Limau Field, Pungut. Dari delapan orang pelaku, enam orang berhasil ditangkap sedangkan dua orang pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan dari para pelaku, diantaranya empat unit mobil operasional, tiga unit sepeda motor, peralatan illegal mining, dua drum berisi minyak mentah, 24 drum kosong, pipa paralon ukuran satu inci sepanjang 300 meter, dan selang sepanjang 100 meter. Para pelaku dan barang bukti saat ini diamankan di Polsek Rambang Dangku.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja tim Polsek Rambang Dangku dan Polres Muara Enim yang telah berhasil menangkap pelaku illegal mining di Desa Tanjung Menang. Aktifitas illegal mining ini baru beberapa bulan dilakukan oleh pelaku, dan berhasil diberantas oleh tim,” ujar Sr. Manager Limau Field, Zulfikar Akbar.

Limau Field merupakan salah satu lapangan produksi minyak mentah dan gas bumi yang dikelola Regional Sumatera- Zona 4, data Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas bulan Oktober year-to-date menunjukkan produksi minyak mentah Limau Field berada di angka 3.630 barel minyak per hari (bph).

Sedangkan produksi gas berkisar di angka 10,37 juta standar kaki kubik per hari. Limau Field beroperasi di tiga kota/kabupaten, yaitu Kota Prabumulih, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Lahat. Ketiganya berada di Provinsi Sumatera Selatan, Regional 1 – Sumatera.

Sumber : Humas Pertamina EP Limau/Palendra & Fitra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *