Antisipasi Banjir, PRKP Kota Palembang Sosialisasikan dan Implementasi Sumur Resapan 

Ir. HM. Affan Prapanca, MT IPM., Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kota Palembang

Barometer99- PALEMBANG,- Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman mengelar kegiatan sosialisasi dan implementasi Kegiatan biopori dan sumur resapan di kawasan permukiman sebagai bentuk antisipasi banjir yang di buka langsung oleh sekretaris kota Palembang Ratu Dewa, di hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (30/11/2021).

“Agenda tahunan kita, untuk mengantisipasi banjir, karena berdasarkan prediksi BMKG akan ada hujan deras, nah dengan sosialisasi agar masyarakat Menjaga lingkungan sehingga air mengalir lancar,”kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan (PRKP) Pemukiman Ir HM Affan Prapanca MT IPM.

Selain itu, kata Affan dengan dilakukannya sosialisasi maka yang akan menjadi penyebab banjir atau genangan air bisa dicegah. Dengan tidak membuang sampah sembarang maka menimbulkan kawasan tersebut jadi lebih sehat.

“Itu juga meningkatkan kualitas lingkungan permukiman supaya menjadi lebih baik dan sehat atau tidak kumuh,”ucap Affan.

Ia menguraikan bahwa di sini diberikan juga pembelajaran agar masyarakat mengetahui cara kerja biopori atau sumur resapan dikawasan permukiman.

“Memberikan Edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi seluruh Elemen Masyarakat dan lembaga masyarakat terhadap Metoda Biopori,”urainya.

Dalam sosialisasi ini dihadirkan pemateri dari Ahli Biopori dan Lingkungan Prof Supli Effendi Rahim dengan dilakukan diskusi terkait beberapa keluhan ketika dihadapkan dengan genangan air dan hujan deras.

Sebelum digelarnya kegiatan sosialisasi dimulai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Penyelamatan Lingkungan dan dilanjutkan evaluasi Agenda tahunan.

Turut hadir juga OPD lingkungan kota Palembang, Camat Sekota Palembang, Komunitas pemerhati lingkungan, Lurah, Lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan, dan organisasi masyarakat dan mahasiswa.

Penulis: YonEditor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *