BI Sediakan Uang Baru Sebanyak 9 Triliun Jelang Idul Fitri

Barometer99- PALEMBANG,- Tingginya minat masyarakat dalam penukaran Uang Kartal (uang baru) menjelang hari raya Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) menyediakan sebanyak 9Triliun untuk daerah Sumsel, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Hari Widodo di dampingi Deputi kepala Perwakilan BI Sumsel I Gede Arnawa mengatakan Selain Uang Pecahan tersedia juga Uang edisi kemerdekaan atau UPK 75 yang bisa didapatkan melalui Aplikasi pintar pintar.bi.go.id setiap harinya.

“Untuk penukaran Uang kartal bisa dilakukan melalui perbankan, untuk UPK 75 bisa melalui aplikasi pintar dengan /KTP bisa ditukar sebanyak 100 lembar,” katanya Saat BBM di ruang pre Function Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Jum’at (23/04/2021).

Ditahun 2021 peminat masyarakat dalam penukaran uang kartal diperkirakan meningkat sebesar 6 persen berjumlah Rp. 3.15 Triliun khusus disumsel. Untuk menghindari Kerumunan BI Bekerjasama dengan 28 Bank Umum dan 169 titik yang tersebar di seluruh wilayah Sumsel.

“Untuk penukaran bisa dilakukan di perbankan yang sudah ditunjuk eleh BI, masyarakat juga sebaliknya Melakukan penukaran diloket yang resmi guna untuk menghindari penipuan seperti uang palsu,”himbaunya.

BI mendorong penggunaan digital guna untuk menekan penyebaran covid-19, Qris bisa dipergunakan bukan hanya pembayaran dibidang ekonomi saja tapi juga dibidang Pendidikan dan sosial.

“Saat ini pembayaran Zakat, fitrah, shadaqah dan infaq bisa dilakukan melalui Qris,BI sudah bekerjasama dengan 1180 masjid yang tersebar di wilayah Sumsel,” ungkapnya.

Penggunaan Qris 95 persen UMKM saat ini sekitar 2jt Merchant. Pengguna UMKM sebesar 192931 Merchant.

Penulis: YonEditor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *