Berita  

Warga Apresiasi Pemkot Mataram Gercep Evakuasi ODGJ di Kekalik

Barometer99, Mataram-NTB- Pemerintah Kota Mataram bergerak cepat melakukan evakuasi terhadap seorang pria yang diduga orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) di Kelurahan Kekalik Jaya, yang meresahkan beberapa warga sekitar.

Setelah dilaporkan pada pagi harinya kepada Pjs Walikota Mataram Tri Budi Prayitno, ia langsung menghubungi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kota Mataram untuk segera melakukan evakuasi di lapangan.

Setelah beberapa jam, Pjs Walikota Mataram Tri Budi Prayitno pun memberikan informasi kepada media ini bahwa, ODGJ tersebut telah dievakuasi oleh aparat keamanan dan warga sekitar.

“Alhamdulillah sudah berhasil dievakuasi ODGJ nya. Saat ini sedang dalam penanganan tim TPKJM untuk ditangani lebih lanjut,” ujar Tri Budi Prayitno.

Penanganan yang dilakukan oleh Pemkot Mataram tersebut, menuai apresiasi warga Kota Mataram. Sejumlah warga mengatakan, kecepatan pelayanan seperti ini lah yang diinginkan masyarakat.

Salah satu pengelola rumah makan jinggo, Fatmawati mengucapkan terima kasih kepada Pjs Walikota Mataram yang langsung merespon keluhan warga atas adanya ODGJ tersebut.

Menurut Fatmawati, ODGJ ini harus diatensi oleh pemerintah karena akan berbahaya bagi orang lain jika dibiarkan berkeliaran.

“Alhamdulillah, Pemkot bergerak cepat, kami sangat bersyukur. Dengan adanya perhatian pemerintah seperti ini, ODGJ bisa dievakuasi dan bisa segera ditangani. Karena kasihan jika tetap dibiarkan berkeliaran,” Katanya.

Masyarakat juga akan merasa aman, termasuk para pelanggan yang biasa berbelanja di warung makan nya, yang sebelumnya sering merasa ketakutan dengan adanya ODGJ tersebut.

Salah satu warga Kekalik lainnya, Hasan, mengungkapkan, bahwa pria dengan gangguan jiwa itu sudah lama berkeliaran di Kekalik, namun selama ini tidak ada yang memperhatikan nya.

“Alhamdulillah bisa dievakuasi, karena pria tersebut sebelumnya normal, semoga dengan penanganan ini bisa ditangani dan bisa sembuh,” Kata Hasan.

Sejalan dengan itu, salah satu pelanggan warung jinggo, Muhammad Rum, bersyukur Pemkot Mataram telah melakukan evakuasi ODGJ tersebut, karena selama ini ia merasa was-was pada saat makan dan berbelanja di warung tersebut.

“Alhamdulillah kalau sudah dievakuasi. Ini bukti pemerintah Kota Mataram sangat peduli dengan masalah yang terjadi di masyarakat,” Ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. H. Emirald Isfihan saat dikonfirmasi, Sabtu, mengatakan, pihaknya akan mengevakuasi ODGJ tersebut ke Rumah Sakit Jiwa untuk dilakukan penanganan kondisi akut nya terlebih dahulu.

“Nanti tergantung hasil penanganannya dari Rumah Sakit Jiwa, setelah penanganan ini ranahnya akan dialihkan ke Dinas Sosial,” Katanya.

Untuk pembiayaan penanganan ODGJ tersebut, kata dr Emirald, gratis karena akan digunakan jaminan kesehatan BPJS. (Red).

 

Exit mobile version