Berita  

Pemprov NTB bersama Kemkominfo Gelar Workshop Penggunaan Dashboard Indeks Masyarakat Digital Indonesia

Barometer99, Lombok Barat-NTB- Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) Republik Indonesia mengadakan Sosialisasi dan Workshop Penggunaan Dashboard Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Lobar, Selasa (02/07).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi digital masyarakat, mendorong inklusivitas dalam ekonomi digital, pentingnya memiliki pengukuran hingga tingkat kabupaten kota dan menjadi acuan dalam perencanaan program pengembangan SDM Digital di Indonesia.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat, Drs. H. Fauzan Husniadi membuka kegiatan dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfotik NTB yang telah memilih Kabupaten Lombok Barat sebagai tempat workshp IMDI.

“IMDI memiliki 4 pilar, yaitu Infrastruktur dan ekosistem, keterampilan digitalisasi, pemberdayaan dan pekerjaan, di Lombok Barat sudah memasukkan transformasi digitalisasi di RPJPD 2025 – 2045,” jelasnya.

Ia juga berharap agar seluruh peserta yang hadir dapat meningkatkan pengetahuan terkait IMDI. “Semoga rekan – rekan di Kabupaten Kota bisa meningkatkan IMDI untuk kemajuan kita di Provinsi NTB,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, mengatakan bahwa PJ Gubernur NTB sangat mendukung sinergitas antara Provinsi, Kabupaten dan Kota harus terus dilakukan, agar seluruh elemen dapat bergerak sehingga dapat memperoleh target prestasi untuk Provinsi NTB.

“Pak PJ Gubernur NTB mengatakan penting sinergi antara kabupaten kota itu dilakukan supaya Kabupaten kotanya bergerak maka prestasi Provinsi juga mampu diraih,” ungkapnya.

Kapuslitbang APTIKA IKP Kemenkominfo RI, Dr. Said Mirza Pahlevi , M.Eng mengatakan bahwa IMDI yang mengukur seberapa digital masyarakat sampai level Kabupaten/Kota, yang dilihat dari seberapa siap infrastruktur yang ada diwilayah tersebut, seberapa siap masyarakat menggunakan teknologi digital untuk kehidupan sehari-harinya, seberapa siap masyarakat menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan taraf hidupnya, pemberdayaannya termasuk juga industri-industri yang ada di wilayah setempat.

“Ini adalah yang disebut dengan IMDI, pada pertemuan ini dari Kemkominfo sudah mempersiapkan narasumber, dan harapannya setelah kegiatan ini dapat diimplementasikan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo se Kabupaten/Kota dan Operator Pemanfaatan Dashboard IMDI se Kabupaten/Kota Provinsi NTB. (Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *