Sejumlah Elemen Mahasiswa dan BEM di Perguruan Tinggi Pontianak Deklarasikan Pilkada Damai

BAROMETER99, PONTIANAK – Berbagai elemen mahasiswa yang terdiri dari sejumlah BEM yang ada di Perguruan Tinggi di Kalbar, menggelar Deklarasi Pilkada Damai 2024 yang berlangsung di kampus Politeknik Negeri (Polnep) Pontianak, Sabtu 29 Juni 2024.

Kegiatan yang diinisiasi oleh berbagai elemen mahasiswa dan dihadiri oleh sekitar 45 orang yang terdiri dari beberapa organisasi mahasiswa, yaitu BEMSI Kerakyatan Kalbar, BEM Politeknik Negeri Pontianak, Anggota pengurus FKBK, Gabungan Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak.

Ketua BEMSI Kerakyatan Kalbar, Agim Nastiar, dalam arahannya menekankan pentingnya menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran selama pelaksanaan deklarasi ini.

“Kita semua di sini untuk mendukung Pilkada 2024 yang aman, damai, dan berintegritas. Pastikan acara ini berjalan dengan tertib dan lancar, tanpa ada provokasi,” ujar Agim Nastiar, Sabtu 29 Juni 2024.

Adapun deklarasi yang dilakukan oleh elemen mahasiswa ini berisi komitmen bersama untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman dan damai.

Berikut adalah poin-poin deklarasi yang bunyinya Mendukung Pilkada 2024 yang Aman dan Damai.

“Siap mendukung pelaksanaan Pilkada tahun 2024 yang aman, damai, dan berintegritas, tanpa politik identitas dan tanpa provokasi di wilayah Kalimantan Barat,” kata Agim Nastiar.

Menolak Ujaran Kebencian dan Hoaks.

“Kami menolak segala bentuk ujaran kebencian, penyebaran berita hoaks, politisasi SARA, serta kampanye hitam dalam kontestasi Pilkada 2024,” tegasnya.

Edukasi Politik kepada Masyarakat.

“Siap memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya berpartisipasi dalam politik dengan cara yang beradab dan santun pada Pilkada 2024,” lanjut Agim.

Mendukung Penegakan Hukum oleh Polri.

“Kami mendukung Polri untuk melakukan penegakan hukum yang tegas dalam rangka menciptakan stabilitas kamtibmas pada Pilkada 2024,” ungkapnya.

Komitmen untuk Pilkada yang Bermartabat.

“Berkomitmen mendukung Pilkada 2024 yang aman, damai, dan bermartabat, tanpa politik identitas, tanpa provokasi di Kalimantan Barat,” jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa menunjukkan komitmen nyata untuk menciptakan Pilkada yang damai dan berintegritas di Kalimantan Barat.

“Kami berharap deklarasi ini menjadi langkah awal bagi terciptanya Pilkada yang damai dan demokratis di Kalimantan Barat,” kata saru diantara peserta deklarasi dari Gabungan Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak.

Deklarasi ini menjadi salah satu bentuk kontribusi aktif dari mahasiswa dalam mendukung proses demokrasi yang sehat dan bebas dari konflik di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Sumber: Doris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *