Peningkatan Kemampuan Pasukan Perdamaian Menjadi Poin Utama

BAROMETER99, SENTUL, BOGOR – Kemlu RI bersama Kemlu Jepang menjadi co-host pada acara 8th ASEAN REGIONAL FORUM (ARF) Peacekeeping Experts Meeting, delegasi RI dalam hal ini dipimpin Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Taufik Budi Santoso, S.Hub.Int. (30/6/2024).

Kegiatan berlangsung selama tiga hari bertempat di Nusantara Hall, ASEAN HQ, Jakarta pada tanggal 25 Juni 2024 dan di Strategic Building, PMPP TNI Sentul, Bogor pada tanggal 26 Juni 2024.

Kegiatan ini mengusung tema : “Partnering in Training and Capacity Building to Advance the Performance and a Shared Commitment to Uphold the Principles in Action for Peacekeeping”. Kerjasama dalam bingkai TPP menjadi role model dalam peningkatan kapasitas Peacekeepers dan tentunya dapat mempererat hubungan kerjasama internasional dalam rangka menghadapi tantangan dimasa depan. Komandan PMPP TNI menyampaikan bahwa dalam meningkatkan kemampuan harus didukung oleh banyak pihak, hal ini juga memberikan titik terang untuk memaksimalkan segala potensi yang dimiliki oleh setiap peacekeeper sehingga mampu bekerja dengan Profesional, Adaptif, Imparsial dan Humanis.

Pada momen ini, Dubes Chilman (Plt Dir Polkam ASEAN) memberikan apresiasi terhadap delegasi yang hadir dan mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan dengan baik. Pada kesempatan ini Director Intl Peace and Security MOFA Jepang juga menyampaikan aktifnya kontribusi negara – negara Asia-Pasifik yang merupakan T/PCCs dalam mendukung Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia sehingga menjadi atensi yang relevan utk dibahas dalam meningkatkan safety and security dan best practices lainnya, apresiasi juga diberikan kepada Indonesia yang telah memberikan kontribusi terbaik dalam mendukung baik terkait capacity building maupun dalam berbagai misi PBB.

Turut hadir pada kegiatan ini antara lain: Delegasi RI, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, China, Uni Eropa, Jepang dpp Ms Megumi Ishizuka, Malaysia, Myanmar, Philipina, Rusia, Timor Leste, Canada, Korea Selatan, Sekretariat ASEAN. Hadir secara online diantaranya: Pakistan, PNG, Singapura, Srilanka, Thailand, United States, Vietnam, Korea Utara, India, Laos, Mongolia dan New Zealand.

Autentikasi : Pen PMPP TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *