Latihan Kemampuan PHH Satbrimob Polda Kalbar Bentuk Kesiapan Polri Menyambut Pilkada Serentak Tahun 2024

BAROMETER99, Pontianak Kalbar- Latihan kemampuan PHH jajaran Satbrimob Polda Kalbar salah satu langkah deteksi dini Polri meminimalisir terjadinya kesalahan prosedur pada saat melakukan penindakan dilapangan. Minggu (16/06/24).

Berbagai upaya dilakukan oleh Satbrimob Polda Kalbar untuk menambah pengetahuan serta mengasah dan memelihara kemampuan para personelnya dan salah satu upaya tersebut adalah dengan melasanaan kegiatan latihan. Kegiatan latihan merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh seluruh personel Satbrimob Polda Kalbar dengan tujuan untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan personel itu sendiri. Salah satu kegiatan latihan yang rutin dilaksanakan oleh jajaran Satbrimob Polda Kalbar adalah latihan kemampuan PHH. PHH merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Korps Brimob Polri untuk itu PHH wajib dikuasai oleh seluruh personel Korps Brimob Polri mulai dari pangkat terendah hingga perwira tinggi. Di tahun politik seperti sekarang ini Satbrimob Polda Kalbar terus memerintahkan kepada jajarannya untuk rutin melaksanakan kegiatan latihan PHH mengantisipasi unjuk rasa dari masyarakat atas ketidak puasan akan hasil dari pemungutan suara yang kerap kali berakhir ricuh. Dansatbrimob Polda Kalbar Kbp M. Guntur, S.I.K., M.H. meminta kepada masing-masing komandan jajaran Satbrimob Polda Kalbar untuk menunjuk personel yang sudah menguasai atau sudah melaksanakan pendidikan pengembangan spesial (Dikbangpes) untuk melatih dan memberikan materi PHH seperti contohnya adalah bagaimana cara penggunaan alat PHH yang benar sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan penindakan dilapangan. Ipda Sansis Hutabarat selaku instruktur pada pelaksanaan kegiatan latihan PHH bagi personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar pada hari ini langsung menindak lanjuti perintah dari Dansatbrimob Polda Kalbar untuk memberikan materi PHH kepada seluruh pesonel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar yang melaksanakan latihan pada pagi hari ini dengan memberikan materi cara penindakan PHH setelah lintas ganti Dalmas. Kegiatan latihan kemampuan PHH yang dilaksanakan oleh personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar pada hari ini dilaksanakan di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar dan diikuti oleh personel Kompi Siaga Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar.

“Latihan yang sedang kami laksanakan ini merupakan bentuk langkah deteksi dini Polri untuk mengantisipasi kesalahan prosedur pada saat melakukan penindakan dilapangan. Saya selaku yang ditunjuk sebagai instruktur pada hari ini memberikan materi sesuai dengan apa yang telah saya dapatkan selama saya melaksanakan Dikbangpes kepada rekan-rekan yang mengikuti kegiatan latihan pagi hari ini. Dipelaksanaan kegiatan latihan ini saya juga memberikan materi-materi baru kepada personel berdasarkan petunjuk dan arahan (Jukrah) dari Korps Brimob Polri serta perkap dan perdankor kepada personel agar mereka menguasai sehingga tidak ragu-ragu dalam mengambil tindakan pada saat bertugas dilapangan” ucap Ipda Sansis Hutabarat.

Sumber: Ponco Brimob Polda Kalbar

Exit mobile version