Sikat Mafia Pendidikan!!! Mendikbud Resmi Batalkan Semua Kenaikan UKT

BAROMETER99, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengatakan akan membatalkan semua kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun ini. Keputusan ini, kata Nadiem, diambil setelah dibahas dengan para rektor dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

Nadiem menyampaikan keputusan ini usai bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 27 Mei 2024. Eks Bos Gojek mengklaim beberapa angka kenaikan UKT begitu mencemaskan.

“Kami mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini dan kami akan merevaluasi semua permintaan peningkatan UKT dari PTN,” kata Nadiem dalam pernyataannya. Dalam keterangan yang sama, Nadiem juga berjanji tidak akan ada mahasiswa yang terdampak dengan kenaikan UKT tersebut.

Kenaikan UKT di berbagai kampus dianggap terjadi atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (permendikbud ristek) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT).

Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Semarang, Edi Subkhan, mengatakan, saat ini perguruan tinggi negeri atau PTN sedang berlomba-lomba berubah status menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum. Sebab, perguruan tinggi terbuai dengan iming-iming otonomi keuangan kampus.

Namun, otonomi tersebut disertai dengan pengurangan bantuan anggaran dari pemerintah. Akibatnya, tidak sedikit PTNBH meningkatkan UKT mahasiswa untuk mendapatkan dana pengelolaan. Selain menaikkan UKT, kampus juga menerapkan Sumbangan Pengembangan Institusi dan memperbesar kuota mahasiswa jalur mandiri. “Ini strategi kampus menaikkan pendapatan,” kata Edi, seperti dikutip Koran Tempo yang dirilis pada 4 Mei 2024.

Ketika ditanya apakah Permendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2024 soal SSBOPT ini akan dicabut seiring keputusan membatalkan kenaikan UKT tahun ini, Nadiem tidak menjawab. Namun dalam statemennya, Mendikbud mengatakan untuk detailnya kebijakannya akan dilakukan dirjen dikti.
Tolak Komersialisasi Pendidikan! Pemerintah Minta PTN Kembalikan Kelebihan UKT

Kisruh naiknya uang kuliah tunggal (UKT) di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) menemui babak akhir usai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (27/5/2024) kemarin. Pertemuan itu menghasilkan keputusan pembatalan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) di berbagai PTN. Ia juga meminta perguruan tinggi ‘jemput bola’ ke calon mahasiswa baru.

“PTN perlu merangkul calon mahasiswa baru yang belum daftar ulang atau mengundurkan diri akibat UKT yang tinggi,” tuturnya dikutip dari rilis yang diterima detikEdu ditulis Selasa (28/5/2024).

Dengan aturan ini, ia menekank…
PALEMBANG, – Timsus Ditres Narkoba Polda Sumsel meringkus dua orang kurir narkoba di tempat dan waktu yang berbeda.

Tersangka Ulup Hengki alias Ferdiansyah (25), diringkus timsus saat berada di Jalinsum, persisnya di Timbangan Km 32 Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

“Tersangka Ulup mencoba melakukan perlawanan dan mecoba kabur saat akan ditangkap di pinggir saat dilakukan penangkapan. Kita terpaksa melakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan tersangka,” ujar Wadir Ditres Narkoba Polda Sumsel AKBP Harissandi SIK, saat merilis kasusnya Rabu 29 Mei 2024.

Dia menjelaskan, tersangka ditangkap setelah sebelumnya Polda Sumsel menerima informasi dari masyarakat bahwa akan adanya pengiriman narkotika dari Palembang ke Kabupaten Pali. Kemudian ditindaklanju…
Palembang – Divisi Humas Polri menyelenggarakan agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk ‘Bimtek dan Sidang Pengujian Konsekuensi Informasi yang Dikecualikan pada Satker Polda Sumatera Selatan (Sumsel)’ di Harper Hotel, Palembang, Rabu (29/5/2024)

Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro,SIK mewakili Kadivhumas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, membeberkan program kehumasan yang harus diimplementasikan, yakni pemantapan komunikasi publik dan pemantapan kualitas pelauanan publik. Hal ini guna menunjang program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yakni Polri Presisi.

“Dimana Polri sebagai badan publik mempunyai kewajiban menyampaikan informasi yang menampilkan sosok polri yang responsif dan humanis, guna menaikan citra positif polri di…
Ikuti Ujian Proposal Tesis Magister Hukum Universitas Jayabaya, Bamsoet Tegaskan Pentingnya MPR Bisa Keluarkan TAP MPR Bersifat Regeling

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menekankan pentingnya Revitalisasi Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sebagai Bagian Dalam Struktur Hukum dan Politik Hukum di Indonesia. Kehadiran Ketetapan (TAP) MPR bisa menjadi “pintu darurat” terhadap berbagai permasalahan yang belum diatur penyelesaiannya dalam konstitusi.

Misalnya tiba-tiba terjadi bencana alam berskala besar, peperangan, pemberontakan, pandemi seperti covid atau lainnya yang menyebabkan Pemilu tidak dapat diselenggarakan tepat pada waktunya sesuai perintah konstitusi. Lembaga mana yang berwenang menunda pelaksan…
Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pembuatan Film ‘Anak Kolong’ FKPPI dan Dorong Perbanyak Film Nasional Bertema Kebangsaan

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum FKPPI Bambang Soesatyo mendukung pembuatan film ‘Anak Kolong’ oleh FKPPI yang akan tayang pada Oktober mendatang sekaligus mengajak para artis film dan pekerja di industri perfilman untuk menjadi duta bangsa yang senantiasa menyampaikan narasi kebangsaan dalam berbagai tindak dan laku. Salah satunya dengan lebih banyak memproduksi film-film yang menggugah kesadaran publik untuk semakin mencintai Indonesia serta menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.

“Film tidak hanya sekadar media rekreasi dan hiburan. Melainkan juga bisa dijadikan sarana edukasi dan propaganda…
Palembang – Sebanyak 146 Calon Taruna/ni Akademi Kepolisian menjalani Tes Kesamaptaan Jasmani, renang dan Pemeriksaan Antropometri Panda Polda Sumsel bertempat Lapangan Athletic dan Aquatic Stadium Jakabaring Sport City Palembang.Selasa, 28 Mei 2024.

Saat dimintai keterangan wartawan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan SH MSi mengatakan Tes kesemaptaan Jasmani Calon Taruna Akpol Polda Sumsel kali ini dilaksanakan di Lapangan Athletic yang kemudian dilanjutkan tes renang di Kolam Renang Aquatic Stadium yang berada di seputaran Jakabaring Sport City Palembang, ucapnya

Pada tes Kesemaptaan Jasmani yang dilaksanakan di Komplek JSC Palembang yang dihadiri 143 orang peserta (134 Pria dan 9 Wanita) dan 3 peserta tidak h…

Lanud Husein Sastranegara Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

Lanud Husein Sastranegara menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam bertempat di Apron Baseops Lanud Husein Sastranegara yang diikuti seluruh personel Lanud Husein Sastranegara, Kamis (30-05-2024).

Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Alfian, S.E., saat apel menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah tersebut.

“Kesiapan dan ketangguhan TNI khusus nya personel Lanud Husein Sastranegara dalam menghadapi bencana alam menjadi aset yang tidak bisa diabaikan. Kita harus siap sedia dan terlatih untuk bertindak cepat dalam situasi darurat,” ujar Danlanud.

Lebih Lanjut Danlanud Husein Sastranegara menambahkan bah…

Satgas Yonif 122/TS Laksanakan Komsos Sekaligus Berikan pemahaman Wawasan Kebangsaan Kepada Warga Binaan

Kabupaten Keerom – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS berikan pemahaman bahwa pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara Republik Indonesia, dan pemahanan isi dari butir-butir pancasila dan makna lambang burung Garuda kepada masyarakat Kampung Wambes, Distrik Mannem, Kab. Keerom, Papua (30-05-2024).

Dalam keterangan tertulis Danpos Wambes Sertu Giesnadzar Al Ghifari menyampaikan bahwa, dalam rangka menyambut hari lahir pancasila Kita akan memberikan pemahaman dan memperkenalkan kembali kepada masyarakat tentang nilai, makna, serta bentuk lambang burung Garuda Pancasila yang menjadi dasar dan semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danpos …

Izin kirim rilies berita 🙏🏾🙏🏾

Bangun Kekuatan Matra Laut, Kepala Staf TNI AL Tinjau Galangan Kapal di Prancis

Jaleseveva Jayamahe,

[ JAKARTA ] – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja di Prancis pekan kemarin, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali melaksanakan kunjungan kerja ke galangan kapal Naval Group di Lorient. Kunjungan kerja ini dalam rangka terus membangun kekuatan serta modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), sekaligus sebagai bentuk komitmen TNI AL dalam mendukung pembangunan kekuatan matra laut, Prancis,

Di Lorient, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memperoleh penjelasan tentang kapal Frigate Belharra atau FDI, terkait dengan tahapan pembangunan kapal mulai dari tahap desain hingga finishing.

Fr…
Hadiri Silaturahmi FKPPI, Bamsoet Ajak Seluruh Kader FKPPI Terus Jaga Keutuhan NKRI

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo mengajak seluruh kader FKPPI untuk terus mengawal serta menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Sikap serta keteladanan yang telah ditunjukan oleh para pejuang dalam mencintai tanah air, harus menjadi warisan berharga yang tidak boleh dilupakan.

“Para anggota FKPPI sebagai ‘anak kolong’ wajib menjaga dan setia pada Sapta Marga sebagai doktrin prajurit TNI serta Tribrata dan Catur Prasetya sebagai doktrin anggota Polri. Sehingga selalu sigap dalam menghadapi berbagai tantangan yang mencoba meme…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *