Berita, TNI  

Babinsa Kelurahan Jatimulyo dan PPL Kecamatan Lowokwaru Bantu Pengubinan Lahan Poktan Sri Rejeki

BAROMETER99, Kodim Malang Kota – Babinsa Koramil 0833/05 Lowokwaru Kelurahan Jatimulyo Peltu Fatkur Arif dan Sertu Abd. Kholik bersama Koordinator PPL Kecamatan Lowokwaru dan Poktan Sri Rejeki melaksanakan pengubinan (pengecekan hasil) tanaman padi di lahan Poktan Sri Rejeki Jl. Kuping Gajah Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Senin (27/5/2024).

Ubinan adalah cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. Hasil inilah yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam 1 Ha. Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan 1 Ha.

Pengambilan ubinan merupakan salah satu cara memprediksi jumlah produksi padi yang masih ada di lahan melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan.

Prosesnya sangat sederhana, petani pun bisa melakukannya. Proses yang pertama kali harus dilakukan adalah hari yang tepat untuk pengambilan ubinan dan di upayakan tanaman padi yang akan di ubin adalah yang benar –benar siap di panen (fisiologis dan umurnya sudah tepat).

Peltu Fatkur Arif mengatakan bahwa pihaknya selalu siap membantu para petani dalam meningkatkan hasil panen. “Kami dari Koramil selalu siap membantu para petani dalam segala hal, termasuk dalam pengolahan lahan. Kami harap dengan bantuan ini, Poktan Sri Rejeki dapat meningkatkan hasil panennya.

Kegiatan pengubinan ini merupakan salah satu contoh nyata sinergi antara TNI dan PPL dalam membantu para petani meningkatkan hasil panen. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan program ketahanan pangan di wilayah Jatimulyo dan sekitarnya dapat tercapai dengan sukses, jelas Peltu Fatkur Arif.

Ketua Poktan Sri Rejeki Bpk. Jaka mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 0833/05 Lowokwaru dan PPL Kecamatan Lowokwaru atas bantuannya. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Babinsa dan PPL. Dengan bantuan ini, pekerjaan kami menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Hasil pengubinan hari ini dengan estimasi produktifitas 8,57 ton per hektar varietas Sertani.(Ratri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *