Upacara Pembukaan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0818/Malang-Batu Dibuka oleh Pasiter Kapten Inf Mujiono

BAROMETER99, Malang – Upacara Pembukaan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0818/Malang-Batu secara resmi dibuka oleh Pasiter Kapten Inf Mujiono. Saka Wira Kartika, salah satu saka dalam Gerakan Pramuka yang dibina oleh TNI Angkatan Darat, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kebangsaan para peserta dalam bidang kepramukaan dan bela negara.

Pada kesempatan ini, Pasiter Kodim 0818/Malang-Batu Kapten Inf Mujiono, beserta anggota, mengikuti kegiatan Upacara Pembukaan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika dengan tema “Bersatu dengan Alam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Peduli Lingkungan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bedengan, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, dengan diikuti sekitar 50 orang, Jumat 24/05/2024.

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Pasiter Kodim 0818 Kapten Inf Mujiono. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa sebagai bagian integral TNI AD, Kodim 0818/Malang-Batu melaksanakan kegiatan pembinaan generasi muda dalam wadah pembinaan gerakan Pramuka Saka Wira Kartika. Tujuannya adalah membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda.
Selain itu, kegiatan pembinaan ini juga bertujuan memberikan ketrampilan kepada generasi muda yang diwadahi dalam lima Krida, yaitu Krida navigasi darat, Krida mountaineering, Krida pioneering, Krida survival, dan Krida penanggulangan bencana.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang berkarakter, berwawasan kebangsaan, dan peduli lingkungan,” kata Kapten Mujiono.
Lebih lanjut, Kapten Mujiono berpesan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan disiplin. “Gunakan kesempatan ini untuk belajar dan berlatih dengan sebaik-baiknya,” pesannya.(Ratri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *