Laporan Reses Anggota DPRD Kota Palembang, Masa Persidangan 1 Tahun 2023

Seluruh anggota Rapat Paripurna menyanyikan lagu Indonesia Raya, (foto.Yon)

Barometer99.com, PALEMBANG – Berdasarkan hasil kesepakatan Badan musyawarah DPRD kota Palembang maka acara rapat Paripurna ke-11 masa Persidangan 1 tahun kerja 2023 pada hari Selasa (02/05/2023) menyampaikan hasil Laporan reses masa persidangan 1 DPRD kota Palembang.

Rapat tersebut berlangsung di gedung DPRD Kota Palembang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin yang dihadiri oleh 28 anggota DPRD kota Palembang secara online dan offline Serta Walikota Palembang Harnojoyo, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Sekretaris daerah kota Palembang Ratu Dewa, sekaligus Camat sekota Palembang.

Laporan reses masa persidangan 1 DPR di kota Palembang tahun 2023 diawali oleh Laporan dari Daerah Pemilihan (Dapil l) yang meliputi Kecamatan Bukit kecil, Kecamatan gandus, Kecamatan IB l dan kecamatan Ilir barat ll yang disampaikan oleh juri bicara Kgs Ishak Yasin.

Hasil reses Anggota DPRD Kota Palembang Dapil l menyimpulkan dari beberapa Poin,

1. Adanya peningkatan pelayanan pabrik untuk lebih baik lagi
2. Mengharapkan kepada Walikota atau pemerintah kota Palembang untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam pemulihan ekonomi masyarakat kota Palembang
3.Masyarakat mengharapkan pemeliharaan jalan, drainase, lampu Jalan, normalisasi anak-anak sungai untuk segera dioptimalkan.

Kemudian menyarankan kepada pemerintah kota Palembang melalui dinas perumahan rakyat kawasan permukiman (PRKP) kota Palembang agar penambahan Armada perbaikan lampu Jalan agar dapat segera memberikan pelayanan maksimal.

Pimpinan rapat paripurna laporan reses masa persidangan 1 tahun kerja 2023.

Selain itu,kepada pemerintah kota Palembang agar memperhatikan gedung atau kantor lurah serta fasilitas pendukung lainnya karena kondisi saat ini masih banyak yang harus menjadi prioritas untuk di rehab.

Selanjutnya Laporan Reses dari Dapil ll meliputi kecamatan Sukarami, kecamatan kemuning,dan kecamatan alang-alang lebar yang di sampaikan oleh Juru bicaranya M. Ridwan.

Beberapa hasil temuan dan Aspirasi masyarakat Ia menyimpulkan bahwa ada beberapa hal yang cukup urgent Seperti cor beton di tiga kecamatan lebih dari 80 usulan lampu Jalan baik yang mati maupun ada masalah di gardu.

“Tapi alhamdulillah ada beberapa titik yang sudah dilakukan perbaikan seperti di AKBP Haji Umar dan masih ada empat yang masing-masing lampunya,”katanya.

Selain itu, Masyarakat mengusulkan adanya sumbatan-sumbatan di beberapa tempat saluran air agar segera diperbaiki.

Enam anggota DPRD kota Palembang menyampaikan laporan hasil reses, mewakili dapil masing – masing.

“Terkhusus daerah talang Jambi kami menerima keluhan masyarakat terkait masalah pemasangan PDAM dikenakan beban pipa distribusi kepada masyarakat agar bisa ditinjau kembali mengingat awalnya sebagai KPM,”ujarnya.

Selain itu juga, Aspirasi dari pegawai KUA di wilayah Alang-alang lebar memiliki halaman lebar mereka meminta untuk tanah hibah untuk kantor. Karena saat ini masih menempati tempat yang dipinjamkan oleh lurah Sriwijaya.

“Saya mohon mereka sudah melakukan pengecekan dan pengukuran di komplek perkantoran alang-alang lebar mereka minta supaya tanah di komplek kantor alang-alang lebar itu dihibahkan,”ucapnya.

Dapil ll menyimpulkan
1. Agar pemerintah kota Palembang dapat segera merealisasikan dan memprioritaskan usulan-usulan dari hasil reset Dapil ll.
2. Masih banyak permintaan berkaitan pembangunan jalan disertai juga pembangunan drainasenya
3. Pemerataan air minum di wilayah 3 kecamatan daerah pemilihan dua
4. Pemerataan lampu Jalan
5. Dibutuhkan sistem pendataan pengawasan terlebih lagi pentingnya dalam penyusunan program pembangunan.
6. Diharapkan kepada pemerintah kota dalam hal ini bahwa Walikota sebagai kuasa pemilik modal untuk meninjau ulang aturan perusahaan PDAM terkait masalah biaya pipa distribusi yang ditangguhkan ke masyarakat.

“Oleh karena itu kami meminta kepada Walikota agar merubah ketentuan perusahaan yang membebankan pipa distribusi menjadi beban dari pada perusahaan biaya yang ditanggung oleh masyarakat cukup pipa instalasi rumah,”ucapnya.

Suasana rapat paripurna laporan reses masa persidangan 1 tahun 2023, (foto.Yon)

Kemudian Dapil ll menyarankan
1. Adanya pemetaan yang sinkron dan terencana dari setiap program yang dibuat dan juga dalam pelaksanaannya
2. Adanya koordinasi yang terpadu dalam satu kegiatan sehingga dalam pelaksanaan dari beberapa opd terintegrasi dalam pelaksanaan teknis terutama dalam penyusunan programnya
3. Data yang akurat sangat dibutuhkan dan harus berkoordinasi dengan RT dan RW di setiap wilayahnya.

Hasil Laporan Reses dari Dapil lll meliputi IT l, IT ll, dan IT lll yang disampaikan oleh juru bicaranya Arfani.

Dari temuan dan menyaring aspirasi masyarakat terkait saran dan pembangunan yang perlu ditindaklanjuti oleh pemerintah kota Palembang.
1. Kepada pemerintah kota Palembang agar segera dapat mengatasi permasalahan banyaknya lampu jalan yang mati di kota Palembang yang dapat mengakibatkan rawannya kecelakaan dan tingginya tingkat kriminalitas yang ada khususnya di kecamatan IT l, kecamatan IT ll,
2. Pada pemerintah kota Palembang agar dapat segera mengatasi masalah sampah yang menumpuk di aliran sungai yang dapat menyebabkan banjir di kota Palembang terutama di kecamatan IT ll dan IT lll.

3. Pada pemerintah kota Palembang diharapkan agar dapat melakukan penertiban kendaraan-kendaraan besar yang sering parkir liar di sepanjang jalan Abdul Rojak yang sering menyebabkan kemacetan dan kecelakaan di daerah tersebut karena telah banyak korban yang meninggal dunia yang lainnya terlampir.

“Kami berharap melalui rapat paripurna ini saudara Walikota Palembang dapat merespon memperjuangkan dan merealisasikan berbagai masukan dan usulan masyarakat dari kegiatan reses anggota DPRD kota Palembang daerah pemilihan lll sebagai wujud memenuhi hak-hak warga masyarakat kota Palembang,”katanya.

Suasana rapat paripurna laporan hasil reses masa persidangan 1 tahun 2023, (foto.Yon)

Kemudian Dapil lV yang meliputi Kecamatan kalidoni dan kecamatan sematang borang dan Sako yang disampaikan oleh juru bicaranya Pebi Anggi Pratama.

Sebagai penyambung dan penyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya melaksanakan Reses untuk melihat langsung keadaan masyarakat guna menyerap aspirasi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang perlu disalurkan dalam rangka pelaksanaan pembangunan di daerah setempat laporan hasil DPRD kota Palembang Dapil lV disusun dengan sistem sistematika.

Terkait pembangunan di kota Palembang yang perlu diketahui dan ditindaklanjuti oleh pemerintah kota Palembang antara lain.
1. Kepada pemerintah kota Palembang untuk lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur berupa perbaikan serta pemeliharaan jalan, saluran air, normalisasi retensi dan pembuatan saluran air mengingat semakin banyaknya Banjir di kota Palembang pada saat musim penghujan terutama yang ada di kecamatan Sako sematang borong dan kalidoni.
2. Kepada pemerintah kota Palembang agar dapat segera mengatasi permasalahan banyaknya lampu jalan yang mati di kota Palembang di mana hal tersebut akan mengakibatkan khawatir tingkat kriminalitas yang ada di kecamatan Sako kecamatan Borang dan kecamatan kalidoni.

“Kami menyarankan agar Pemerintah Kota agar lebih intensif dalam hal pemerataan pembangunan di kota Palembang agar tidak terjadinya kesenjangan di masyarakat merupakan bentuk peran aktif dari masyarakat terhadap kota Palembang untuk itu pemerintah kota agar semaksimal mungkin dapat melaksanakan apa yang dibutuhkan masyarakat,”ucapnya.

Baca juga : Reses Anggota DPRD Palembang Dapil lll Masa Persidangan l

Kemudian, Laporan dari Dapil V yang di sampaikan oleh Eddi Saat berdasarkan hasil Reses DPRD Kota Palembang daerah pemilihan V ada beberapa poin hasil temuan dan Aspirasi masyarakat.

Adanya pembangunan jembatan Musi 4 ini yang menjadi Keluhan masyarakat karena menimbulkan masalah baru adanya kemacetan terutama pada jam sibuk.

Suasana rapat sidang paripurna laporan reses masa persidangan 1 tahun 2023, (foto.Yon)

“Kami minta agar Pak Wali melakukan pengecekan tempat lampu yang perlu harus dipasang masih gelap, kemudian yang putus tolong sambung yang mati dihidupkan ini rawan sekali kecelakaan maupun rawan tindak pidana,”katanya.

“Sebagai contoh beberapa waktu lalu di tempat saya ada lampu mati akhirnya mereka bergerombol untuk menodong dan mereka membawa senjata kebetulan banyak orang dan mereka berlari dan ternyata tempat persembunyian rumah Aparat sehingga bisa diamankan,dan itu contoh kejadian tersebut dikarenakan dampak lampu mati,”jelasnya.

Selain itu, terhadap tenaga pendidik tenaga kesehatan tenang dan non PNS atau honorer untuk diprioritaskan mereka untuk ikut tes P3K.

“Pak wali dan Jajaran untuk mengusulkan ataupun mengikutsertakan memudahkan mereka siapa,”katanya.

Selain itu, Insentif RT Ini yang sering menjadi permasalahan lambatnya turun padahal hanya 600.000. Mengingat RT merupakan ujung tombak dari Pemerintah kota.

“Kami meminta agar Pemkot menaikan Intensif untuk RT jangan hanya 600 ribu jadikanlah 750 Ribu atau 900ribu,”ujarnya.

Dan terakhir Laporan Reses dari Dapil Vl yang meliputi Kecamatan SU l, Kecamatan Kertapati dan Kecamatan Jakabaring yang disampaikan oleh Fauji Ahmad meminta agar Pemerintah kota Palembang menindaklanjuti usulan dan saran dari masyarakat melalui Reses DPRD.

“Dari hasil proses tahun 2023 yang telah kami laksanakan Kami memohon dengan sangat kepada pemerintah kota Palembang untuk menindaklanjuti masukan saran usulan masyarakat dan Segera dilaksanakan,”harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *