Virtual Wayang Kulit “Tumurune Wiji Sejati” Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

BAROMETER99, Kubu Raya Kalbar- Dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, S.I.K., S.H., M.H., menyelenggarakan acara nonton bareng pertunjukan wayang kulit secara virtual yang dihadiri langsung oleh Kapolri pada Jumat (5/7) pukul 20.00 WIB di Aula Mapolres Kubu Raya.

Acara nobar ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting, termasuk Kepala Bappeda Kabupaten Kubu Raya, H. Lugito, S.Pd., M.Si., Dandim 1207/Pontianak yang diwakili Danramil Sungai Ambawang KAPTEN INF. Pambudi Utama, para PJU Polres Kubu Raya, Ketua Paguyuban Jawa Kab. Kubu Raya, Lilik Suharto, S.E., pengurus Perkumpulan Merah Putih Kab. Kubu Raya, pengurus Paguyuban Jawa Kab. Kubu Raya, serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda di lingkungan Kabupaten Kubu Raya dan personil Polres Kubu Raya.

Pertunjukan wayang kulit yang disajikan malam ini mengusung lakon “Tumurune Wiji Sejati”, yang menceritakan tentang lahirnya ksatria sejati yang cerdas dan sakti, yakni Raden Wisanggeni. Lakon ini dipilih karena mengandung pesan penting bagi masyarakat tentang pentingnya menegakkan kebenaran, keadilan, dan kejujuran, sebagaimana diteladani oleh sosok Wisanggeni.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan sebagai hiburan, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan kesenian tradisional kepada generasi muda.

“Dalam era modernisasi ini, penting bagi kita untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya tradisional. Melalui acara nonton bareng wayang ini, kami berharap bisa membangkitkan kecintaan masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap warisan budaya kita,” ujar AKBP Wahyu Jati Wibowo.

Acara nonton bareng wayang kulit secara virtual ini juga menjadi momen yang tepat untuk mempererat silaturahmi antara polisi dan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, AKBP Wahyu Jati Wibowo juga membuka sesi dialog dan tanya jawab, di mana warga dapat menyampaikan aspirasi, keluhan, dan masukan terkait situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Kubu Raya, Lilik Suharto, S.E., menyampaikan apresiasinya terhadap Kapolri atas partisipasinya dalam pertunjukan wayang kulit secara virtual yang diselenggarakan oleh Kapolres Kubu Raya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain sebagai sarana hiburan, acara ini juga memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus diadakan secara rutin,” ujarnya.

Acara berlangsung dengan penuh kehangatan dan antusiasme. Masyarakat yang hadir tampak menikmati setiap adegan dalam pertunjukan wayang, yang diselingi dengan pesan-pesan moral dan nasehat bijak.

Dengan diadakannya acara nonton bareng wayang tersebut, diharapkan semakin terjalin hubungan yang harmonis dan kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa polisi tidak hanya berperan dalam menjaga keamanan, tetapi juga dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa.

Sumber : Humas Polres Kubu Raya Aiptu Ade
Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *