Satgas TNI Peduli Melalui Papua Pintar Bagi Anak-Anak Yigi

BAROMETER99, YIGI, NDUGA- Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Kostrad, salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) di Papua, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Pada hari Sabtu, 6 Juli 2024, Satgas Yonif 432 Kostrad, khususnya Pos Yigi, mengundang anak-anak dari Kampung Yigi untuk mengikuti program kegiatan Teritorial bertajuk “Papua Pintar”. Program ini diwujudkan dalam bentuk penyampaian tambahan materi pelajaran bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) yang tinggal di dekat Pos Yigi.

Dalam penekanannya kepada para Prajurit TNI, Komandan Satgas Yonif 432 Kostrad, Letkol Inf Zulfikar Akbar Helmi, menyampaikan pentingnya perhatian Satgas kepada kebutuhan dasar masyarakat di sekitar Pos. Oleh sebab itu, Pos Yigi dipimpin Lettu Inf Gayuh Nanda Prayudin, telah mengamati perkembangan wilayahnya sejak tugas dimulai. Faktor pendidikan bagi anak-anak usia SD merupakan salah satu hal penting dalam kebutuhan dasar masyarakat Kampung Yigi. Salah faktor yang melandasi hal tersebut adalah lokasi Yigi yang jauh dari hingar bingarnya kehidupan kota dan memiliki keterbatasan fasilitas pendidikan. Berangkat dari perhatian tersebut, maka hari Sabtu pagi itu, Lettu Inf Gayuh Nanda Prayudin mengundang anak-anak usia SD di sekitar Pos Yigi untuk mengikuti kegiatan tambahan pelajaran yang disampaikan langsung oleh perwakilan Guru SD Inpres Yigi, atas nama Bapak Pius Ohoiwutun dan Bapak Lukas Maruru.

Sebelum proses pelajaran dimulai, Lettu Inf Gayuh menyampaikan ucapan terima kasih atas respon kedua Guru yang telah berkenan hadir memenuhi undangannya. Tidak lupa, Lettu Inf Gayuh juga mengucapkan terima kasih atas antusiasme anak-anak yang berbondong-bondong hadir ke Pos Yigi untuk mengikuti pelajaran tambahan. Pada kesempatan itu, Lettu Inf Gayuh juga membagikan beberapa perlengkapan sekolah gratis kepada seluruh anak-anak yang hadir, meliputi tas sekolah, buku dan alat tulis. Usai pelajaran, seorang anak peserta belajar, bernama Wipen Murib, berkata “Terima kasih Om Tentara sudah kasih kita tas, buku dan alat tulis. Kami senang bisa belajar di Pos 432 Kostrad. Tuhan memberkati Om-om Tentara“.

“Inisiatif Satgas Yonif 432 Kostrad menggelar Papua Pintar di Pos Yigi, merupakan upaya TNI memberikan pelayanan kebutuhan dasar, khususnya pendidikan bagi anak-anak usia sekolah, guna mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua”, ungkap Panglima KOOPS TNI, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.

#tniprima
#profesional
#responsif
#integratif
#modern
#adaptif

Autentikasi:
Dansatgas Media KOOPS TNI, Letkol Arh Yogi Nugroho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *