Kemeriahan Sedekah Bumi di Dusun Krantil: Tumpeng, Tokoh Masyarakat, dan Dukungan TNI

BAROMETER99, KROMENGAN- Pada hari Minggu, tanggal 07 Juli 2024, pukul 14.00 WIB, telah dilaksanakan acara Sedekah Bumi dalam rangka bersih desa di Dusun Krantil, Kecamatan Kromengan. Acara ini merupakan salah satu tradisi yang dilestarikan oleh masyarakat setempat untuk menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang melimpah.

Acara Sedekah Bumi ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan masyarakat setempat. Berikut adalah daftar tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Desa Karangrejo, Bapak Asmuji, beserta perangkat desa: Mereka hadir untuk memimpin dan memberikan sambutan pada acara ini, Babinsa Karangrejo, Sertu Agus, anggota Koramil 0818/34 Kromengan: Kehadirannya menandakan dukungan dari TNI untuk kegiatan Masyarakat, Bhabinkamtibmas Aibda Jadug: Perwakilan dari kepolisian yang turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban acara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat sekitar 300 warga untuk memeriahkan acara.

Kegiatan ini berlangsung dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara yang memberikan gambaran umum tentang pentingnya Sedekah Bumi bagi masyarakat Dusun Krantil. Tumpeng diarak dari Dusun Krantil RT 13/04 menuju makam (punden) diiringi oleh seluruh peserta acara.

Dikatakan Babinsa Sertu Agus, bahwa kegiatan mengarak tumpeng ini melambangkan penghormatan kepada para leluhur yang telah berjasa bagi desa.

Sertu Agus, selaku Babinsa Karangrejo Koramil 0818/34 Kromengan, berperan penting dalam acara ini. Tidak hanya hadir sebagai tamu undangan, Sertu Agus juga turut serta memastikan jalannya acara berjalan dengan lancar dan aman. Kehadiran Babinsa dalam acara-acara masyarakat seperti ini menunjukkan sinergi antara TNI AD dan masyarakat dalam menjaga kebudayaan dan ketertiban di wilayahnya.(Ratri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *